Sukses

Perawatan Gigi

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 18 tahun.
haloo dokter yg disana ,saya rizal mau menanyakan masih bisa gigi lebih jadi putih dan lebih rapih tanpa pakai kawat gigi sedangkan umur saya sudah menginkak 18thn ,terimakasih sebelumnya dok,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak / Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Perubahan warna gigi ada yang intrinsik (dari dalam tubuh) dan ekstrinsik (dari faktor di luar tubuh). Perlu dipastikan terlebih dulu apa yang menyebabkan gigi Anda berubah warna/menguning, baru dapat ditentukan rencana perawatan yang tepat untuk memutihkan gigi Anda.

Obat-obatan tertentu seperti tetrasiklin (baik yang dikonsumsi oleh ibu ataupun oleh anak selama masa perkembangan gigi) juga dapat menyebabkan staining pada gigi, mulai dari berwarna kuning hingga kasus yang berat gigi berwarna abu-abu.

Zat warna yang terkandung dalam makanan/minuman dapat terserap ke permukaan email. Bayangkan berapa kali dalam sehari gigi berkontak dengan makanan/minuman, belum lagi rokok yang juga dapat menyebabkan staining pada gigi.

Salah satu alternatifnya adalah dengan perawatan dental bleaching (pemutihan gigi), meski banyak pemutih gigi yang dapat dibeli secara bebas namun saya tetap menyarankan Anda untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi sebelum Anda melakukan bleaching. Mengenai hal ini juga sudah pernah kami bahas dalam artikel yang dapat Anda baca selengkapnya dengan mengakses

A-Z Bleaching

Pasta gigi yang mengklaim dapat memutihkan gigi sebetulnya tidak terlalu memberi manfaat yang signifikan, dan umumnya lebih bersifat abrasif daripada sikat gigi biasa. Pemakaian pasta gigi jenis ini dalam waktu lama dapat beresiko menyebabkan gigi menjadi lebih sensitif karena sifatnya yang abrasif lebih banyak mengikis jaringan gigi.

 

Sedangkan mengenai merapihkan susunan gigi,Perlu anda ketahui, tujuan utama dari perawatan orthodontik (pemasangan kawat bracket) seperti yang anda tanyakan tidak semata-mata untuk memperbaiki estetika pasien. Gigi yang posisinya tidak normal/berjejal/gigitan rahang atas dan bawah yang tidak normal dapat berpotensi untuk menimbulkan masalah lain yang lebih berat, oleh karena itu perawatan tersebut bertujuan untuk memperbaiki oklusi gigi atas dan bawah, memperbaiki posisi gigi yang tidak normal hingga didapat hubungan gigi geligi yang harmonis di dalam lengkung rahang yang normal, dengan demikian dengan sendirinya estetika wajah pasien akan lebih baik daripada sebelum perawatan.

Perlu atau tidaknya perawatan orthodontik pada seorang pasien sebaiknya didasarkan pada pertimbangan medis yang diambil oleh dokter gigi secara profesional setelah dilakukan pemeriksaan, oleh sebab itu Saya menyarankan anda berkonsultasi secara langsung oleh dokter gigi agar diperiksa berat/ringannya kasus dan perlu/tidaknya dilakukan pemasangan bracket . Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pencetakan rahang pasien agar dapat dianalisa kebutuhan ruangan.


Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

 

salam

Tim redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar