Sukses

Hamil Setelah Cesar

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 29 tahun.
malem dokter,saya mau tanya dulu waktu usia 27 tahun saya melahirkan anak pertama prematur 8 bulan secara cesar kemudian selang 9 bulan saya hamil lagi namun usia 2 bulan saya keguguran dok,pertanyaan saya,bisakah saya hamil lagi tapi dengan sehat?ato apa penyebab kandungan saya seperti itu,apakah ada fakto2nya?apakah saya mengidap kelainan ato penyakit?mohon dijawab dokter.thanks
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

 

 

 

Ibu/Saudari yang Terhormat.

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

 

Pada ibu yang pernah menjalani operasi sesar, kehamilan memang sebaiknya ditunda hingga 18 bulan kemudian untuk mencegah terjadinya robekan/ruptur pada rahim. Semakin sering operasi sesar dilakukan, maka risiko terjadinya ruptur rahim semakin meningkat.

 

 

 

 

 

 

Bila Anda keguguran dan dilakukan kuretase, dianjurkan agar anda tidak melakukan hubungan seksual ataupun memasukkan benda-benda lain (seperti tampon, gel, dll) ke dalam vagina hingga 2 minggu setelah dilakukannya kuretase untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam rahim dan menyebabkan infeksi.

Setelah mengalami keguguran, dianjurkan agar ibu menunda kehamilan berikutnya selama kurang lebih 3 bulan, hingga organ reproduksi ibu kembali ke bentuk semula dan ibu telah siap secara fisik dan emosi untuk hamil lagi. Gunakanlah kontrasepsi untuk menghindari kehamilan dalam 3 bulan pertama setelah keguguran. 

Tidak semua ibu yang memiliki riwayat persalinan cesar dapat melahirkan kembali dengan cara normal. Kasusnya harus dilihat satu persatu. Sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai kondisi dan kemungkinan untuk melahirkan normal. Memang alasan pada persalinan cesar sebelumnya adalah kegagalan pada induksi persalinan, sehingga Anda tidak merasa mulas. Hal yang ditakutkan pada persalinan berikutnya jika Anda ternyata harus kembali diinduksi untuk persalinan normal, adalah benar adanya robekan pada rahim (karena pada cesar, rahim harus disayat dan dijahit kembali membuatnya menjadi lebih rentan untuk robek pada persalinan berikutnya jika dipaksa untuk kontraksi supaya mulas).

 

 

Berikut beberapa syarat untuk melakukan persalinan normal setelah riwayat persalinan cesar atau disebut juga VBAC (Vaginal Birth After Cesarean):

  • Tidak lebih dari 2 kelahiran cesar yang menggunakan sayatan transversal rendah.
  • Tidak ada bekas luka rahim, kelainan atau riwayat rahim robek sebelumnya.
  • Petugas kesehatan harus siap untuk memantau atau melaksanakan persalinan atau merujuk untuk melakukan bedah caesar jika perlu.
  • Lokasi kelahiran Anda harus memiliki petugas yang tersedia pada akhir pekan dan malam hari jika kasus bedah caesar diperlukan.
  • Jika alasan awal kelahiran sesar tidak berulang kembali pada kehamilan ini
  • Anda tidak memiliki masalah kesehatan utama
  • Bayi dalam ukuran normal
  • Bayi kepala di bawah

 

 

Sedangkan VBAC tidak direkomendasikan dalam situasi:

  • Jika Anda sedang hamil dengan kembar
  • Jika Anda memiliki diabetes
  • Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi

 

 

 

 

 

 

 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

 

 

 

 

 

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter 

    0 Komentar

    Belum ada komentar