Sukses

Autisme Pada Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 21 tahun.
dok saya mau tanya seputar penyakit autis, saya memiliki saudar, adik dari nenek saya memiliki anak yang autis, kemudian anak dari kakak tiri saya (beda ibu) juga memiiliki anak yang autis,kemudian anak dari tante pasangan saya juga ada yang terkena autis. apakah nanti kalau saya punya anak, anak saya bisa terkena autis bila dilihat dr riwayat keluarga tersebut? trimaksih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Autisme merupakan gangguan perkembangan fungsi otak yang mencakup bidang sosial dan fungsi afek, komunikasi verbal (bahasa) dan non verbal, imajinasi, fleksibilitas, lingkup interest (minat), kognisi dan atensi. Biasanya perilaku-perilaku yang sering dilaporkan oleh orang tua pasien adalah keterlambatan berbicara dari anak-anak biasanya, perilaku aneh acuh dan tak acuh, atau cemas jika anaknya dicurigai tuli. Kebiasaan abnormal ini biasanya sudah terlihat pada anak berusia 3 tahun. Pada saat-saat inilah biasanya orang tua menyadari bahwa anaknya memiliki kelainan, walaupun tak sepenuhnya sama.

Penyebab pasti dari autisme belum diketahui. Yang pasti diketahui adalah bahwa penyebab dari autisme bukanlah salah asuh dari orang tua,  beberapa penelitian membuktikan bahwa beberapa penyebab autisme adalah ketidakseimbangan biokimia, faktor genetic dan gangguan imunitas tubuh. Beberapa kasus yang tidak biasa disebabkan oleh infeksi virus (TORCH), penyakit- penyakit lainnya seperti fenilketonuria (penyakit kekurangan enzim), dan sindrom X (kelainan kromosom).
Menurut Lumbantobing (2000), penyebab autisme dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu

1. Faktor keluarga dan psikologi

Respon anak-anak terhadap stressor dari keluarga dan lingkungan.

2. Kelainan organ-organ biologi dan neurologi (saraf)

Berhubungan dengan kerusakan organ dan saraf yang menyebabkan gangguan fungsi-fungsinya, sehingga menimbulkan keadaan autisme pada penderita

3. Faktor genetik

Pada hasil penelitian ditemukan bahwa 2 -  4% dari saudara kandung juga menderita penyakit yang sama.

4. Faktor kekebalan tubuh

Berhubungan pada masa kehamilan, faktor kekebalan tubuh ibu yang tidak dapat mencegah infeksi sehingga terjadi kerusakan jaringan saraf bayi .

5. Faktor pada kehamilan dan kelahiran

6. Faktor biokimia

Meskipun diterangkan mengenai keterlibatan faktor genetik, namun hingga saat ini memang belum ada penelitian yang secara jelas menyebutkan mengenai seberapa jauh peran faktor genetik. Pada kasus Anda, kami tidak bisa memastikan persentase kejadian. Namun, kecenderungan kejadian dapat lebih besar jika relasi genetik semakin dekat (misal: saudara kandung). Selain itu, seperti telah disebutkan di atas, sebenarnya autisme sendiri bukan semata-mata disebabkan karena faktor genetik melainkan juga kesehatan masa kehamilan.

 Untuk informasi lengkap mengenai autisme anda dapat membaca artikel yang telah kami sediakan berikut ini :

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar