Sukses

Memperbaiki Kualitas Sperma

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 18 tahun.
selamat pagi dok,,, saya mahasiswa berumur 18 thn,, saya mau tanya seputar sperma, akhir2 ini saya sering melakukan mansturbasi, dan saya agak takut melihat sperma saya yang agak kurang kental (berwarna putih abu2an), apakah bisa sperma saya kembali normal??? jika ya, apa yang harus saya lakukan?? dan apakah mengkonsumsi multivitamin, telur, tempe dpt mengembalikan ksehatan sperma?? terima kasih...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada saat ejakulasi, seorang pria normalnya akan mengeluarkan cairan sebanyak 2-5 ml yang terdiri dari cairan mani dan sperma.

Secara normal pada saat ejakulasi, akan dikeluarkan cairan ejakulat yang berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma ini dihasilkan oleh testis dan baru akan dikeluarkan bersama dengan air mani saat ejakulasi.

Cairan mani  (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun akan mencair 20-30 menit kemudian.

 

Ciri sperma yang baik atau normal (normospermia) dapat diketahui melalui pemeriksaan analisa sperma dengan ketentuan memiliki jumlah yang normal (N: >20 jt/cc), gerakan normal  (N:>50%), dan bentuk sperma normal (N:>30%).

 

Kualitas sperma dapat ditingkatkan dengan meningkatkan asupan makanan yang mengandung:

  • Vitamin C: Melindungi sperma dari kerusakan karena oksidasi serta mengurangi aglutinasi sperma (sperma saling menempel)

  • Vitamin B6: Penting dalam pembentukan hormon seks pria

  • Vitamin B12: Bersama dengan asam folat, B12 diperlukan untuk pembentukan materi genetik. Kadar yang kurang menyebabkan produksi sperma yang abnormal, penurunan jumlah sperma, dan kemampan gerak sperma.

  • Vitamin E: Juga merupakan antioksidan. Membantu sperma dalam penetrasi sel telur.

  • Zinc: Kekurangan zinc menurunkan kadar testosteron. Suplementasi mikronutrien ini dapat meninkatkan jumlah sperma dan memperbaiki kesuburan.

  • Arginin dan L-Carnintine: Asam-asam amino yang diperlukan dapal pemebentukan serta fungsi normal sperma.

 

Kami juga menyarankan agar anda menghentikan kebiasaan masturbasi karena Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari). Kebiasaan melakukan masturbasi dapat menimbulkan masalah psikis dimana timbul pikiran terus menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar