Sukses

Telinga Gatal, Nyeri, Tersumbat, dan Keluar Kotoran

25 Sep 2015, 11:57 WIB
Pria, 21 tahun.

misi dok numpang nanya telinga terasa nyeri sekali sampai mengunyah pun terasa nyeri, sebelum kejadian ini beberapa hari yang lalu telinga saya terasa gatal sekali setelah itu saya garuk menggunankan jari (belum terjadi masalah), keesokan harinya saya kehujanan dan terkena flu, telinga saya seperti kemasukan air (sesak dah selalu berbunyi seperti lagi kemasukan air), tapi tidak ada air yang keluar keesokannya saya korek telinga saya ada kotoran telinga yang berwarna putih yang basah. terima kasih dok, mohon pencerahannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Saat telinga anda terasa gatal dan kemudian anda garuk menggunakan jari, kami menduga terjadi perlukaan pada dinding dalam liang telinga yang menjadi faktor resiko infeksi telinga luar /otitis eksterna.

Kemudian saat anda flu, terjadi sumbatan pada telinga akibat tertutupnya saluran tuba eustachius (menghubungkan telinga tengah dan tenggorokkan), menyebabkan gejala telinga seperti penuh, terdengar suara air, dll).

Namun hal ini masih dugaan yang perlu dipastikan dengan pemeriksaan di bidang THT untuk dapat diberikan terapi yang optimal. Untuk itu kami anjurkan andda memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT terdekat agar mencegah perburukan gejala bila tidak segera diobati atau diberikan pengobatan yang salah karena ketidakpastian diagnosis.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar