Sukses

Vitiligo Pada Anak Tak Kunjung Sembuh

10 Aug 2015, 08:42 WIB
Pria, 53 tahun.

Pa/Ibu Dokter, anak kami berumur 7 tahun sudah kurang lebih 2 tahun lebih menderita vitiligo yakni semacam bercak-bercak putih pada kaki sekitar mulai tungkai hingga ke paha kaki kiri mengalami bercak-bercak putih yang belum bisa diatasi. Kami sudah berobat dan konsul ke beberapa dokter Spesialis Kulit & Kelamin mulai dari RS Mitra Keluarga Bekasi, Rumah Sakit Hermina ( Dokter Vony, Dokter Rony Handoko, Dokter Adam Idham hingga Prof Dr dr Adhi Juanda) hingga kini masih belum teratasi menyebarnya bercak-bercak putih tersebut. Namun anehnya hanya bagian kaki sebelah kiri saja yang memutih dari bawah hingga pusar dan sebelah kanan tidak mengalami perubahan dari warna coklat tua ke warna putih. Kami berupaya juga memberikan vitamin C atau nutisi tambahan yakni Jus Noni atau Sari buah mengkudu yang telah dijus dengan harapan dapat membendung/blokir perubahan kulit tersebut. Kami tidak mengetahui penyebab perubahan pigment kulit pada anak kami apakah termasuk penyakit akibat iritasi atau virus atau yang lainnya karena obat obat luar yang dioleskan tidak mampu membendung penyakit tsb ? Apa penyebab penyakit inidokter dan bagaimana cara mengobati atau membendung sakit ini ?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Vitiligo, suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tata laksana vitiligo ditujukan pada fungsi kosmetik. Terapi harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihan terapi diberikan sesuai dengan jumlah, lokasi ukuran dan penyebaran bercak putih pada tubuh.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)
    • Steroid topikal
    • Psoralen (fotokemoterapi)
    • Tabir surya
  • Operasi
  • Terapi tambahan lainnya

Kami sarankan Anda untuk kembali konsultasi dengan Dokter Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi terbaik dari kondisi yang ada pada anak anda.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar