Sukses

Sering Pusing

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 16 tahun.
mau tanya , udah mulai sekitar akhir bulan maret tahun ini aku suka ngerasa pusing kalo habis makan nasi , dan juga kalo minum kopi aku ngerasa pusing banget , dan kebetulan darahku juga rendah , itu kenapa ya ? trim. mohon bantuannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Seseorang dikatakan menderita darah tinggi jika tekanan darah lebih tinggi dari 140/90. Namun, tidak ada batasan khusus yang dapat digunakan untuk menyatakan seseorang menderita tekanan darah rendah atau tidak. Diagnosis tekanan darah rendah ditegakkan berdasarakan tanda dan gejala yang ditimbulkan akibat kegagalan pengaliran darah yang kaya akan oksigen dan nutrisi ke otak, jantung, dan ginjal. Seseorang dapat, memiliki tekanan darah 90/50 namun tidak mengalami gejala tekanan darah rendah. Namun, orang lain yang biasanya memiliki tekanan darah tinggi akan mengalami gejala-gejala darah rendah ketika tekanan darahnya turun menjadi 100/60.yang biasanya menimbulkan keluhan darah rendah , seperti pingsan atau pusing yang biasanya dipicu oleh perubahan posisi dari duduk ke berdiri, nyeri dada atau serangan jantung, peningkatan kadar ureum dan kreatinin darah, dll.

Karena itu, sebelum memutuskan apakah gejala yang dialami anda merupakan gejala darah rendah atau bukan, maka perlu diketahui tekanan darah anda sehari-hari. 

Sementara tekanan darah rendah dapat terjadi akibat :

  • volume darah yang berkurang (misal akibat dehidrasi sedang/berat)
  • menurunnya jumlah darah yang dipompa jantung
  • penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah.

Karena itu untuk keluhan pusing anda perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, apakah benar disebabkan oleh tekanan darah yang rendah, atau terdapat penyebab lain yang melatar belakanginya. Kami sarankan anda untuk melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga penyebab timbulnya pusing anda dapat diketahui dan dapat diberikan terapi yang sesuai untuk mengatasinya.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar