Sukses

Testis Besar Sebelah

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 24 tahun.
Halo dok, Saya butuh bantuan, saya mengalami testis besar sebelah kiri namun tidak sakit sejak SD sampai sekarang saya sudah bekerja( jika dari pandangan muka saya kebawah )yang besarnya cukup besar dan sangat berbeda dengan sebelah kanan ( jika saya genggam 1 tangan pas sekali dengan tangan saya namun besar sebelah kanan hanya sebesar gundu ). awalnya pada waktu SD setiap hari saya bermain bola dan kemudian yang masih saya ingat saya hanya berbaring ditempat tidur ( saya lupa sakit atau tidaknya) berarti kurang lebih sudah 15 thn besar namun tidak sakit. menurut dokter apakah ini berbahaya? sedangkan saya sudah menikah dan istri saya sedang mengandung anak saya. namun memang saya cepat lelah ( apakah mungkin karna efek ini dok? ) mohon maaf merepotkan dan bila ada ksalahan pnulisan
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Memang normalnya buah zakar besar sebelah, itu disebabkan karena testis kanan turun lebih dulu daripada yang kiri, sehingga testis kanan terlihat lebih kecil daripada yang kiri. Namun jika testis kanan yang terlihat lebih besar dan testis kiri tidak berkembang, perlu diperhatikan apakah perbedaannya cukup besar. Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis kanan Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Hal ini perlu diwaspadai akan adanya pertumbuhan tumor atau adanya cairan pada testis Anda.dan yang perlu diperhatikan Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk, apabila hal tersebut terjadi kemungkinan dapat disebabkan karena hernia dimana usus turun ke buah zakar. Hal ini harus diwaspadai karena dapat menyebabkan usus terjepit dan harus dilakukan tindakan operasi.

Jika dirasakan sangat mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter  untuk pemeriksaan fisik lengkap, penegakkan diagnosis dan penanganan optimal.

  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




    0 Komentar

    Belum ada komentar