Sukses

Pengobatan TMD

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 27 tahun.
cara pengobatan tmd pada gigi dan rahang
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kelainan pada sendi rahang (TMD/Temporomandibular Disorder) memang merupakan penyakit yang kompleks, di mana penyebab/pemicunya cukup bervariasi.
Pertama-tama perlu diidentifikasi dulu apakah ada faktor intra oral atau faktor yang berasal dari dalam mulut Anda yang menjadi penyebab dari TMD, misalnya oklusi/penutupan gigi atas dan bawah yang tidak normal, atau ada gigi yang kontak prematur dengan gigi lawan, gigi yang kontaknya dengan gigi lawan lebih berat dibandingkan gigi yang lain, atau ada gigi tiruan yang menyebabkan peninggian gigit.

Bila sudah dapat dipastikan bahwa tidak ada faktor intraoral yang berperan dalam timbulnya kelainan yang Anda derita, selanjutnya yang perlu dicurigai adalah faktor ekstraoral dan faktor-faktor tersebut cukup banyak. Apakah "jalur" penutupan sendi rahang Anda ada masalah, atau anatomi sendi rahang memang tidak simetris, lalu bagaimana pergerakan kepala sendi rahang Anda di dalam fossa, apakah terdapat kelainan otot-otot pengunyahan. Mekanisme pergerakan sendi rahang bawah terhadap rahang atas memang kompleks. Lalu  berapa tebal splint yang selama ini Anda gunakan, apakah sedikit demi sedikit dikurangi ketebalannya.

Jadi yang dapat kami sarankan adalah Anda sebaiknya juga berkonsultasi ke drg spesialis bedah mulut, lebih baik lagi bila Anda memeriksakan diri ke rumah sakit yang cukup besar dengan reputasi yang dikenal baik, dimana terdapat spesialisasi prostho yang dapat bekerja sama dengan spesialis bedah mulut untuk menangani kasus Anda.

Penanganannya bergantung pada penyebab TMD. Bisa membutuhkan koreksi rahang dengan cara pembedahan, bisa juga tidak. Atau bisa jadi membutuhkan perawatan orthodontik, bila kelainan berasal dari posisi gigi yang tidak normal.

Demikian yang dapat kami sarankan, semoga cukup jelas bagi Anda.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar