Sukses

Gangguan Bipolarkah?

18 Oct 2014, 12:56 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dok, boleh saya minta informasi mengenai gangguan bipolar? 6 dari 13 gejalanya ada pada saya. 1) Insomnia / tidak bisa tidur atau bahkan hypersomnia / tidur berlebihan 3) Perasaan kurang/tidak mampu melakukan kegiatan apa saja, merasa rendah diri, mencela diri sendiri 4) Aktivitas dan produktivitas menurun ditempat bekerja, disekolah, dirumah 6) Menarik diri dari pergaulan sosial kemasyarakatan 7) Hilang minat dan kemampuan memanfaatkan waktu senggang untuk menikmati hal-hal yang biasanya disenanginya 11) Sikap jiwa pesimis terhadap masa depannya, menyesali berulang ulang peristiwa/kegiatan masa lampau yang telah dikerjakannya, merasa kasihan berlebihan terhadap diri sendiri atau orang lain Apakah itu berarti saya mengidap bipolar disorder? Saya pribadi tau kalo saya ini orangnya moody, tapi saya tidak tau apakah moody saya ini bisa disebut bipolar atau bukan.. Atas balasan Dokter, saya ucapkan terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Gangguan Bipolar yaitu perubahan mood yang berganti ganti dari perasaan sangat bahagia berubah menjadi depresi.Untuk memastikannya Diperlukan wawancara lebih lanjut untuk memastikan diagnosis apakah anda mengalami kelainan bipolar atau tidak. Kelainan ini biasanya memang ditemukan pada akhir masa remaja atau awal masa dewasa. Hingga saat ini belum ditemukan obat yang mampu menyembuhkan kelainan bipolar, namun kelainan ini dapat dikontrol dengan pemberian terapi non-farmakologi (tanpa obat) dikombinasi dengan pemberian terapi farmakologi (dengan obat-obatan) secara terus menerus. Terapi non-farmakologi yang dapat dilakukan antara lain dengan Psikoterapi dan dengan melakukan berbagai usaha-usaha untuk mengurangi stres, seperti dengan relaksasi, yoga, berolah raga, dll. Sementara obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengontrol kelainan ini adalah obat-obatan mood stabilizer.

Untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal, kami sarankan agar anda berkonsultasi dengan dokter psikiatri. Wawancara lebih lanjut dengan dokter psikiatri akan memastikan diagnosis kelainan bipolar yang anda alami. Selain itu, penggunaan obat-obatan mood stabilizer pun hanya bisa diberikan dengan resep dokter dan perlu pemantauan ketat serta penyesuaian dosis oleh dokter psikiatri.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar