Sukses

Sering Berkemih

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 27 tahun.
dear tim klikdokter, saya wanita 27 tahun, baru menikah 1 minggu. saya dan suami sudah melakukan hubungan intim bahkan seminggu penuh :) namun kenapa setelah pertama kali berhubungan saya jd merasa lebih sering BAK ya? sering sekali, bahkan sempat tidak bisa ditahan. Lalu pada saat BAK tsb saya merasakan nyeri di sekitar alat kelamin sy, seperti pegal. Apakah hal ini bahaya? mohon informasinya dan trima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Rasa sakit yang dirasakan sewaktu BAK dan sering berkemih dapat disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih.Sejak kapan keluhan ini anda rasakan?Selain keluhan rasa sakit yang timbul saat anda BAK,apakah ada keluhan lain ? perasaan tidak lampias setelah BAK (anyang-anyangan)? sulit menahan kencing?disertai dengan demam?


Saluran kemih bagian bawah perempuan yang disebut uretra merupakan saluran yang sangat pendek dan muaranya dekat vagina. Karena itu jika ada infeksi dalam vagina, infeksi tersebut mudah menyebar ke saluran kemih. Saya menduga Ibu mengalami infeksi saluran kemih yang mungkin disebabkan oleh adanya infeksi dalam vagina.  untuk memastikan adanya infeksi saluran kemih, perlu dilakukan pemeriksaan analisis urin di laboratorium. Karena itu saya menyarankan Ibu berobat ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu perlu diperhatikan kebersihan daerah kelamin dan cara membersihkannya. Jika membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya, untuk mencegah penyebaran infeksi ke saluran kemih. Jangan gunakan celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat untuk menghindari keadaan yang lembab. Hindari penggunaan panty liner yang mengandung pengharum, serta produk pembersih kelamin perempuan yang dapat menyebabkan perubahan keasaman alat kelamin.

 

 

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar