Sukses

Nyeri Dada Kiri

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 15 tahun.
Salam kenal, Maksud saya kesini adalah untuk berkonsultasi keluhan saya. Yaitu nyeri pada dada kiri. Nyeri pada dada kiri ini saya rasakan sejak berumur 14 tahun. Saya merasa nyeri itu tepat di jantung, karena akhir2 ini saya merasakan nyeri dada kiri tiap hari yang nyerinya berpindah2. Yang pertama saya rasakan adalah nyeri dada kiri, lalu nyerinya berpindah lagi ke bawah ketiak, lalu nyeri itu berpindah ke punggung sebelah kiri, ke leher, dan kadang2 ke bahu. Saya amat bingung, mengapa di usia saya yg masih remaja ini bisa mengalami keluhan tersebut? Memang, sebelum merasakan keluhan ini, saya sering minum soft drink (teh dalam kemasan) tiap harinya, lalu sering makan makanan berupa gorengan (nasi goreng dan lain sebagainya), lalu saya JARANG SEKALI makan sayur-sayuran, saya sering mandi pada malam hari, saya pun sering tidur saat larut malam. dan tidak terlalu sering memakan daging2an kecuali daging ayam. Saya betul2 bingung, kenapa saya bisa merasakan keluhan ini..? Jika tidak keberatan, saya ingin menanyakan, 1.apakah gejala ini disebut gejala jantung koroner? 2.Apakah keluhan ini datang karena pola hidup TIDAK sehat? 3.Apakah keluhan ini beresiko serangan jantung pd usia 15 tahun? 4. Bagaimana cara mengobati/mencegah keluhan ini? Saya dengan sangat memohon untuk membalas pesan konsultasi ini secepatnya.. Karena jawaban anda, sangat berarti bagi saya. Saya akan selalu menunggu jawaban dari anda. Atas perhatiannya, saya ucapkan terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sejak kapan keluhan ini anda rasakan?kapan saja keluhan ini dirasakan?kapan keluhan dirasa berkurang?apakah ada keluhan lain?

 

Terlalu dini untuk menyimpulkan nyeri dada yang anda rasakan berasal dari jantung,Karena Nyeri dada bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan setelah pada pemeriksaan tidak ada masalah dengan jantung anda.

Akan tetapi Untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




    0 Komentar

    Belum ada komentar