Sukses

Info Seputar Kehamilan

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 27 tahun.
yth.dokter, saya sedang hamil usia kehamilan 19 minggu.. ada beberapa hal yang mau saya tanyakan : 1. seberapa perlunyakah ibu hamil suntik tetanus?apakah diharuskan? tujuannya untuk apa? apakah tidak berbahaya untuk janin? 2. apakah boleh minum kapsul minyak ikan? 3. lebih bermanfaat yang mana, susu khusus ibu hamil atau susu uht? 4. apakah berbahaya ke janin, jika sampai saat ini saya masih minum penguat (mengingat saya sedang melanjutkan kuliah dan harus naik turun tangga menuju ke kelas)? 5. di payudara kiri saya ada bercak-bercak putih, yang saya takutkan itu adalah panu, apakah ada obat yg dokter sarankan untuk itu? saya takut membahayakan jaringan asi nantinya. terima kasih atas jawabannya dok.. salam
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

1.Imunisasi yang diberikan pada ibu hamil adalah imunisasi TT (tetanus toksoid). Hal ini diberikan karena tetanus merupakan risiko yang dapat terjadi (tetanus neonatorum) apabila kondisi atau tempat untuk melahirkan tidak higienis. Hal ini sering terjadi di masa lampau karena dulu masih banyak kelahiran ditolong oleh dukun yang tidak menggunakan alat yang steril.

Namun saat ini apabila melahirkan dilakukan oleh bidan/dokter dengan peralatan yang steril maka risiko tetanus pada bayi baru lahir sudah banyak berkurang. Perlu diperhatikan bahwa pemberian imunisasi pada wanita hamil adalah aman. Jadwal pemberian imunisasi TT adalah :

  • Pemberian pertama: Segera setelah kehamilan
    terdeteksi.

  • Pemberian kedua: Sebulan
    setelah pemberian vaksin pertama, dan paling lambat dua minggu sebelum waktu
    kelahiran.

  • Pemberian ketiga: 6-12 bulan
    setelah pemberian vaksin kedua, atau selama masa kehamilan berikutnya.

  • Pemberian keempat: 1 tahun
    setelah pemberian vaksin ketiga, atau selama masa kehamilan berikutnya.

  • Pemberian kelima: 1 tahun setelah
    pemberian vaksin ketiga, atau selama masa kehamilan
    berikutnya.
Jika seorang gadis atau wanita telah diberikan 5 kali vaksin tetanus dengan rentang waktu yang tepat, ia akan terlindungi sepanjang hidupnya. Anak-anaknya juga terlindungi selama beberapa minggu awal setelah kelahiran mereka. Konsultasikanlah hal ini dengan dokter kebidanan Anda

2.Boleh saja mengkonsumsi vitamin yang mengandung minyak ikan untuk perkembangan otak janin, namun sebaiknya Anda melihat kandungan vitamin yang hendak Anda beli.. Bila Anda ragu, sebaiknya Anda mengkonsultasikan vitamin yang hendak Anda beli dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda.

 

3.Untuk ibu hamil lebih baik jika mengkonsumsi susu ibu hamil dibandingkan susu uht.karena nutrisi pada susu khusus ibu hamil telah disesuaikan untuk ibu hamil.

 

4.Obat penguat rahim adalah jenis preparat hormonal yang mengandung progesteron. Obat ini umumnya dikonsumsi apabila terjadi tanda-tanda abortus (imminens) atau keguguran .Mengenai jangka waktu konsumsi, hal ini sebaiknya anda tanyakan ke dokter yang merawat anda. Preparat hormonal ini dapat dikonsumsi sepanjang kehamilan dan tidak berbahaya untuk kehamilan. Namun untuk masing-masing kasus memang memiliki karakteristik sendiri-sendiri.

 

5.Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit.Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal.oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter mengenai berck putih yang anda maksud.karena kelainan pada kulit lebih mudah diketahui dengan pemeriksaan langsung.pengobatan diberikan sesuai dengan penyebab bercak putih tersebut.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar