Sukses

Gigi Palsu

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 24 tahun.
dok,saya mau tanya dulu saya ada kecelakaan yang menyebabkan gigi saya pecah,gigi depan bagian atas? yg mau saya tanyakan? apa bisa saya pasang gigi palsu yang permanen? kalo bisa kira2 biayanya berapa ya? mohon di jawab,terimakasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pada kasus Anda, bila masih ada jaringan mahkota gigi yang tersisa dan masih memenuhi syarat untuk pembuatan mahkota tiruan, maka pertama2 harus dilakukan perawatan saluran akar (perawatan syaraf), baru setelah itu dipasang semacam pasak di dalam saluran akar dan diluarnya dibuatkan mahkota tiruan (dowel crown). Namun bila kondisi gigi memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi, maka akar gigi yang masih tersisa harus dicabut. Luka pencabutan sebaiknya betul-betul sembuh, baru dapat dibuatkan gigi tiruannya. Untuk kasus satu gigi yang hilang, dalam hal ini gigi tsb adalah gigi depan, maka ada beberapa alternatif perawatan. Yang paling umum dilakukan adalah pembuatan gigi tiruan jembatan (bridge), di mana gigi di sebelah gigi yang hilang diasah dan dibuatkan mahkota tiruan yang disemenkan ke gigi yang diasah tersebut menggunakan semen kedokteran gigi, seperti diilustrasikan dengan gambar di bawah ini.

Gigi tiruannya dapat terbuat dari keramik kedokteran gigi, akrilik, atau kombinasi keramik dengan logam, komposit, dan ada juga yang terbuat dari logam emas. Untuk mendapatkan estetis yang baik dan menyerupai gigi asli, biasanya dibuat dari keramik atau komposit.

 

Mengenai biaya pembuatan gigi tiruan , bisa sangat bervariasi.Sebaiknya Anda mencari informasi terlebih dahulu di rumah sakit atau klinik atau dokter gigi yang Anda tuju.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar