Sukses

Sering Berkeringat

20 Oct 2014, 09:24 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat Pagi Pak Dokter, Saya Galuh, pemuda 20 tahun, saya sering sekali berkeringat kata orang2, itu adalah hyperhidrosis, apakah itu penyakit berbahaya? dan bagaimana cara mengobatinya??? terima kasih. Salam, GAluh
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kondisi keringat berlebih disebut dengan hiperhidrosis.

Hiperhidrosis palmar yaitu kondisi yang ditandai dengan produksi keringat berlebihan di telapak tangan. Hiperhidrosis palmar termasuk hiperhidrosis yang lokal biasanya hanya terjadi di telapak tangan dan kaki (juga ketiak), umumnya disebabkan stimulasi emosi dan/atau suhu. Kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki diatur oleh korteks serebral saja dan lebih responsif terhadap stimulasi emosi (cemas atau gugup). Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh hiperaktivitas sistem saraf simpatis yang meningkatkan kerja kelenjar keringat.

Hiperhidrosis umum atau menyeluruh ditandai oleh keluarnya keringat secara berlebihan di seluruh tubuh. Keadaan ini memang dapat disebabkan oleh adanya kelainan jantung, seperti gagal jantung atau infark otot jantung, kemungkinan karena adanya pengaruh peningkatan aktivitas sistem saraf simpatis. Gejala ini biasanya disertai gejala gangguan jantung lainnya, seperti jantung berdebar-debar, nyeri dada, sesak napas, bengak pada tubuh, dll.

Namun terdapat berbagai macam penyebab lain hiperhidrosis umum, seperti diabetes (kencing manis), kelainan kelenjar gondok, tuberkulosis (keringat banyak pada malam hari), konsumsi obat-obat tertentu, atau bahkan tumor. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh gangguan cemas menyeluruh pada seseorang.

 

Hiperhidrosis sendiri terbagi atas 3 yaitu : 

  1.  Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.

  2.  Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih. 

  3.  Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Bila  mengalami hiperhidrosis fokal primer yaitu hiperhidrosis yang tidak diketahui sebabnya dan umumnya diobati dengan obat-obatan, kecuali bila Anda memiliki faktor risiko yang saya sebutkan di hiperhidrosis nomor 3.

Sebaiknya sebelum anda menyimpulkan apakah anda hiperhidrosis atau tidak, sebaiknya anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar