Sukses

Jam Tidur Anak

18 Oct 2014, 03:41 WIB
Wanita, 28 tahun.
1. Dokter, saya punya anak umur 2,5 tahun dia agak hyper aktif tapi gak terlalu parah cuma pola tidurnya kurang baik terkadang siang sama sekali tidak pernah tidur dan malamnya begadang juga kalau pun sempat tidur sekitar jam 6 petang bangun lagi sekitar jam 8/9 malam begadang terus sampe jam 2-4 pagi dan bangunnya diatas jam 8 pagi bagaimana cara buat pola tidurnya kembali benar? 2. Anak saya lebih mengutamakan gerak motorik daripada kemampuan dia berbicara bukannya gagap/susah berbicara tapi seringnya tidak mau bicara karna kalau dia mau bicara selalu jelas tanpa cadel/gagap tetapi seringnya tidak mau bicara walau saya mengajarkan bicara atau menyanyi dia tidak mengikuti, diam saja atau malah pergi,kira-kira kenapa ya dokter? Tolong info dan solusinya terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jumlah kebutuhan tidur anak memang bervariasi bergantung pada faktor usia anak. Jumlah kebutuhan tidur anak pada usia 3-6 tahun adalah sekitar 10 sampai 12 jam. Anak-anak pada usia ini pergi tidur di malam hari pada pukul 7 sampai 9 malam, dan bangun antara pukul 6 sampai 8 pagi. Pada umur 3 tahun, sebagian masih ada yang mempertahankan waktu tidur siangnya, namun sebagian besar tidak. Durasi tidur siang juga menjadi pendek juga secara berangsur-angsur.

Bagaimana dengan anak Anda? Kapan saja anak Anda sulit tidur? Apakah pada malam hari atau siang hari? Bagaimana dengan pola aktivitasnya? Bagaimana dengan kebiasaan tidurnya selama ini?

Jika memang anak Anda sulit untuk tidur siang, hal ini disebabkan karena memang usia anak Anda merupakan usia untuk mengurangi masa tidur siang karena tubuhnya sudah dapat lebih banyak melakukan aktivitas. Sedangkan bila sulit tidur di malam hari, perlu diperhatikan pola aktivitasnya atau malah mungkin anak Anda tidur di sore hari sehingga sulit tidur di malam hari.yang diperlukan hanyalah memberikannya pengertian dan disiplin mengenai waktu tidur. Biasakannlah anak tidur di waktu yang sama, redupkanlah kamarnya, jadikan tempat tidur anak hanyalah tempat untuk tidur dan bukan tempat untuk bermain, dan taruhlah anak di kamar tidurnya apabila sudah waktunya tidur.

 

 

Perkembangan Aspek Bicara dan Bahasa
Lanjutkan stimulasi ( Perkembangan & Stimulasi Anak Usia 24-36 bulan):
 
    Bacakan buku cerita anak. Buat agar anak melihat anda membaca buku

    Nyanyikan lagu dan bacakan sajak-sajak untuk anak

    Buat agar anak mau menyebut nama lengkap, menyatakan perasaannya, menjelaskan sesuatu dan mengerti waktu
    Bantu anak dalam memilih acara TV, batasi waktu menonton TV maksimal 2 jam perhari. Dampingi anak menonton TV dan jelaskan kejadian yang baik dan buruk. Ingat bahwa acara dan berita di TV dapat berpengaruh buruk pada anak

 

Berbicara dengan anak
Buat agar anak mengajukan berbagai pertanyaan. Jawab pertanyaan tersebut dengan kata-kata sederhana, gunakan lebih dari satu kata.
 
Bercerita mengenai dirinya
Buat agar anak mau berceritera mengenai dirinya, hobinya atau mengenai anda. Anda dapat berceritera tentang sesuatu dan kemudian minta anak menyelesaikan cerita itu.
 
Album fotoku
Tempelkan foto anak di buku anak. Minta anak menceriterakan apa yang terjadi di dalam fotonya itu. Tulis di bawah foto tersebut, apa yang di ceritakan anak.
 
Mengenal huruf
Gunting huruf besar menurut alfabet dari majalah/koran, tempel pada karton. Anda dapat pula menulis huruf besar tersebut dengan spidol. Tunjukkan pada anak dan sebutkan satu persatu, kemudian minta anak mengulanginya.
 
 

Demikian informasi  yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar