Sukses

Gigi Ngilu

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 23 tahun.
mau tanyak Dok.... kenapa gigi setelah minum es atau yg dingin selalu linu atau nyeri? waktu menyikat gigi juga sering berdarah?kenapa y dok! mohon bantuannya ya......
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

hipersensitivitas dentin atau yang sering disebut dengan gigi sensitif. Gejalanya mirip dengan gigi berlubang (karies), yaitu gigi terasa ngilu tajam saat kontak dengan makanan/minuman dingin/asam, atau terkena tiupan angin. Bahkan pada saat kumur-kumur atau terkena sikat gigi pun bisa juga terasa ngilu. Penyebab yang paling umum dari gigi sensitif adalah gusi yang resesi, yaitu rusaknya perlekatan gusi ke permukaan gigi sehingga gusi menjadi turun (pada gigi bawah) atau naik (pada gigi atas). Akibatnya, permukaan akar yang seharusnya tertutup gusi menjadi terekspos, padahal bagian akar gigi lebih sensitif karena tidak tertutup lapisan email seperti pada bagian mahkota. Gusi resesi dapat disebabkan karena cara sikat gigi yang salah, misalnya arah penyikatan gigi horizontal (seharusnya atas-bawah dengan sedikit memutar) apalagi dengan tekanan yang berlebihan, dengan menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras. Gigi karies (berlubang) juga dapat menimbulkan gejala rasa ngilu. Bedanya, karies terjadi karena infeksi bakteri dan lubang dapat terjadi dengan cepat sedangkan gigi sensitif sebetulnya tidak ada lubang gigi. Untuk memastikan penyebab yang sesungguhnya dari rasa ngilu yang Anda rasakan, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi segera.

 

Gusi berdarah adalah salah satu tanda adanya peradangan pada gusi. Penyebab yang spesifik sulit ditentukan karena kemungkinannya cukup banyak, namun peradangan gusi yang dalam bahasa kedokteran disebut gingivitis paling sering disebabkan oleh kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Penumpukan plak di permukaan gigi terutama di sekitar leher gigi dan penumpukan kalkulus yaitu karang gigi, kedua hal tersebut menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri yang menyebabkan terjadinya gingivitis.

 

Untuk memastikan penyebab dan penatalaksanaannya tetap harus membutuhkan pemeriksaan secara langsung oleh sebab itu ada baiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter gigi di dekat tempat tinggal Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga dapat membantu Anda.

 

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar