Sukses

Gangguan Siklus Haid

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 23 tahun.
dok, saya mw tanya. Sudah 3-4 tahunan ini, siklus menstruasi saya tidak teratur. Dulu waktu saya pertama kali menstruasi smpai saya SMA masih dikatakan lancar, walau kadang datang dlm wktu 3/4 buln sekali. tapi di awal tahun saya masuk msa kuliah (2007) saya pernah sakit, hingga saya suka mengkonsumsi obat2an. dari masa skit dulu sampe sekarang, mungkin masa menstruasi saya bisa dihitung hanya sekitar 10 kali dalam kurun waktu sekian tahun itu. Kalaupun menstruasi, dari dulu hnya sebatas 2-3 hari saja dlm jumlah yg sedikit. saya takut terjadi sesuatu dok.menurut dokter, apa penyebabnya dok?terus saya harus gimana?Tolong kasih tau saya dok...
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Anda mengatakan bahwa sejak awal menstruasi anda datang dalam waktu 3-4 bulan sekali.sebenarnya hal tersebut termasuk gangguan pada siklus haid yang dinamakan oligomenore yaitu siklus menstruasi lebih dari 35 hari. Siklus haid melebihi 35 hari disebut oligomenorea yang umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal.  Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari.

Disamping itu, oligomenorea dapat juga terjadi pada :

  • Gangguan indung telur, misal : Sindrome Polikistik Ovarium (PCOS)
  • Stress dan depresi
  • Sakit kronik
  • Pasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)
  • Penurunan berat badan berlebihan
  • Olahraga berlebihan, misal atlit
  • Adanya tumor yang melepaskan estrogen
  • Adanya kelainan pada struktur rahim atau serviks yang menghambat pengeluaran darah menstruasi
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • dsb

umumnya oligomenorea tidak menyebabkan masalah, namun pada beberapa kasus oligomenorea dapat menyebabkan gangguan kesuburan.


Pemeriksaan ke dokter kandungan harus segera dilakukan ketika oligomenorea sudah berlangsung lebih dari 3 bulan dan mulai menimbulkan gangguan kesuburan.


 

Oligomenorea merupakan suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari, sedangkan jumlah perdarahan tetap sama. Wanita yang mengalami oligomenorea akan mengalami menstruasi yang lebih jarang daripada biasanya. Namun, jika berhentinya siklus menstruasi ini berlangsung selama lebih dari 3 bulan, maka kondisi tersebut dikenal sebagai amenorea sekunder.

 

 

kami sarankan sebaiknya Anda segera mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk konsultasi dan mengetahui penyebab gangguan siklus haid anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar