Sukses

Diare Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 32 tahun.
Dok, anak saya laki-laki berumur 5 bulan. Sudah 7 hari ini dia demam dan mencret. Sama dokter dia diberi sanmol, antibiotik, dan obat diare. Tapi panasnya masih naik turun dan masih sering BAB (sehari 4 kali dan lembek). Hasil pemeriksaan lab tadi pagi menunjukkan kalo trombositnya 162000, hematerokit 44 dan leukositnya 12050.Sama dokter disuruh melanjutkan pemakaiaan sanmol, antibiotiknya cefadroxil, smecta dan zinkid. bagaimana penanganan yang tepat buat anak saya? trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Anda sudah membawa anak anda ke dokter dan dokter tersebut tentu lebih mengetahui kondisi kesehatan anak anda dibanding kami.maka yang dapat kami sarankan adalah anda meneruskan pengobatan yang telah diberikan oelh dokter yang menangani anak anda.

 

Informasi tambahan yang dapat kami berikan adalah Diare pada anak perlu diwaspadai karena tubuh anak yang sebagian besar  terdiri atas cairan (80%) sehingga akan mudah sekali menjadi dehidrasi  (kekurangan cairan) akibat diare.Yang  diperlukan adalah mengawasi jumlah cairan di dalam tubuh anak.

Indikator paling mudah untuk melihat anak kekurangan cairan atau tidak  adalah melihat BAK anak. Perhatikan BAK anak, kalau sudah mulai  berkurang dan berwarna pekat, merupakan tanda anak kekurangan cairan.Bila anak masih dapat minum maka dapat diberikan cairan elektrolit, jika anak sudah lemas dan tidak dapat minum maka perlu dilakukan penambahan cairan dan elektrolit melalui infus.  Tanda lainnya adalah tidak adanya air mata sewaktu anak menangis dan  anak menjadi lemas. Apabila sudah ada tanda-tanda kekurangan cairan,  segera bawa anak ke dokter.

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar