Sukses

Pengobatan TB

19 Oct 2014, 10:34 WIB
Pria, 27 tahun.
Dok, saya mau tanya, ketika saya menggeliat tidak hanya bangun tidur tapi setiap saat, otot saya suka merasakan sakit sekitar 2-10 mnt hampir diseluruh tubuh, tapi lebih sering di sekitar leher dan pundak,itu disebabkan oleh apa yah, satu lagi dok, saya menderita TBC, sudah 6 bulan minum obat, pada bulan ke 5 saya tes dahak dan dinyatakan negatif, lalu saya minum obat sampe bulan ke 6, 2 hari yang lalu obat saya habis, tapi saya blom bisa tes dahak lg untuk memastikan dikarenakan saya sedang berada di daerah pedalaman, apa sebaiknya saya minum obat lagi sampai saya tes dahak? soalnya saya merasa blom sembuh nafas saya aga masih sesak dan terkadang batuk..
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Sebelum melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu kami ketahui. Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Kapan saja sakit leher Anda rasakan? Apakah ada pemicu tertentu yang menyebabkan Anda merasakan sakit leher? Adakah tindakan yang telah Anda lakukan atau adakah obat-obat anti nyeri yang telah Anda konsumsi? Jika sudah, bagaimana hasilnya?

Sakit leher seperti keluhan Anda dapat disebabkan karena kelainan otot, tulang, persendian, persarafan. Untuk mengetahui penyebab dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan juga beberapa pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan Anda memang belum terlalu lama, Anda dapat mengunjungi dokter umum dan mengatasi nyeri dengan anti nyeri yang dijual bebas seperti panadol atau asam mefenamat. Namun, jika keluhan Anda semakin bertambah berat dan tidak membaik, maka diperlukan pemeriksaan penunjang khusus oleh dokter spesialis saraf.

 

Mengenai pengobatan TB.Pengobatan TB membutuhkan ketekunan dari pasien untuk mengkonsumsi obat anti TB dan kontrol ke dokter,oleh karena itu sebaiknya anda tetap mengkonsumsi obat TB yang telah diresepkan dokter anda.dan sebaiknya sebelum obat anda habis sebaiknya anda segera kontrol dengan dokter sehingga dokter dapat mengetahui perjalan penyakit anda dan bila dokter melihat anda masih membutuhkan pengobatan TB maka dokter dapat memberikan obat TB lagi sehingga tidak terjadi putus obat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar