Sukses

Pulpa Polip

20 Oct 2014, 09:59 WIB
Pria, 19 tahun.
selamat malam dok, saya mengalami pulpa polip(daging tumbuh ditengah lubang gigi) di 3 gigi graham saya ,dan 2 hari yang lalu saya telah mencabut 1 gigi garaham tersebut dan pencabutan tersebut meninggalkan luka yang besar dan cukup dalam di gusi saya,sehingga saat saya makan sering kali bagian bagian dari makanan tersebut masuk kedalam luka tersebut. dalam keadaan tersebut mungkinkah akan terjadi infeksi dok? saya telah mencabut 1 gigi graham dan tersisa 2 gigi graham lagi yang mengalami pulpa polip, dapatkah 2 gigi graham tersebut dicabut sekaligus dok? terimakasih,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Pulpa polip umumnya lebih sering terjadi pada gigi susu, namun dapat terjadi juga pada gigi tetap orang dewasa. Pada gigi yang normal, ruang pulpa yang berisi pembuluh darah, syaraf, dan sel-sel lain ditutupi oleh jaringan keras gigi yaitu email dan dentin. Bila terjadi lubang gigi yang mencapai pulpa, rongga pulpa ini terhubung langsung dengan rongga mulut, akibatnya dapat terjadi infeksi dan peradangan. Polip tersebut adalah reaksi pulpa secara berlebihan terhadap peradangan. Karena pulpa gigi masih vital, maka dapat berdarah dengan sentuhan ringan atau saat menyikat gigi. Dan  dapat membuat bau nafas kurang sedap karena proses pembusukan gigi tersebut. Ditambah lagi bila kebersihan mulut Saudara kurang baik.

Pada pulpa polip tidak semua gigi yang tedapat pulpa polip harus dicabut.dokter gigi akan terlebih dahulu menilai kondisi gigi anda.apabila tidak perlu dicabut maka Gigi tersebut masih dapat diselamatkan dengan perawatan saluran akar, dimana polip diangkat, saluran akar dibersihkan lalu diisi dengan bahan pengisi saluran akar, lalu lubang gigi ditutup dengan restorasi. Pencabutan gigi tersebut adalah pilihan yang paling akhir, bila tindakan lain sudah tidak dapat dilakukan.

 

Sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk penanganan terbaik bagi pulpa polip yang anda alami

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga dapat membantu Anda.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar