Sukses

Alergi

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 27 tahun.
saya penderita rhinitis alergi sudah kira kira 8 tahunan, dan menjalani imunoterapi tiap minggu dimulai dari 10 minggu yg lalu. dari imunoterapy ini saya belum merasakan adanya perubahan yg nyata. yg mengganggu saya saat ini, bahwa akhir2 ini setiap saya pilek selalu disertai dengan kulit wajah terasa kering, juga kulit kepala berketombe. pertannyaan saya apakah kulit wajah kering ini ada hubungannya dengan rhinitis atau juga terhadap imunoterapi yg saya jalankan? saya sangat menunggu jawaban dokter. terima kasih :)
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Definisi
Rhinitis alergi adalah penyakit peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi pada pasien-pasien yang memiliki atopi, yang sebelumnya sudah tersensitisasi atau terpapar dengan allergen (zat/materi yang menyebabkan timbulnya alergi) yang sama serta meliputi mekanisme pelepasan mediator kimia ketika terjadi paparan ulangan dengan allergen yang serupa  .
Rhinitis  alergi adalah kelainan pada hidung dengan gejala-gejala bersin-bersin, keluarnya cairan dari hidung, rasa gatal dan tersumbat setelah mukosa hidung terpapar dengan allergen yang mekanisme ini diperantarai oleh IgE

 

Gejala Klinis
Gejala klinis yang khas adalah terdapatnya serangan bersin yang berulang-ulang terutama pada pagi hari, atau bila terdapat kontak dengan sejumlah debu. Sebenarnya bersin adalah mekanisme normal dari hidung untuk membersihkan diri dari benda asing, tetapi jika bersin sudah lebih dari lima kali dalam satu kali serangan maka dapat diduga ini adalah gejala rhinitis alergi. Gejala lainnya adalah keluar ingus (rinore) yang encer dan banyak.  Hidung tersumbat, mata gatal dan kadang-kadang disertai dengan keluarnya air mata.
Beberapa gejala lain yang tidak khas adalah
allergic shiner bayangan gelap di bawah mata yang disebut.
allergic salute Gerakan mengosok-gosokan hidung pada anak- anak 
allergi crease, timbulnya garis pada bagian depan hidung.

Beberapa pemeriksaan tambahan yang dapat dilakukan adalah

  • Pemeriksaan nasoendoskopi
  • Pemeriksaan sitologi hidung
  • Hitung eosinofil dalam darah tepi
  • Uji kulit allergen penyebab

Penatalaksanaan

  • Terapi yang paling ideal adalah dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab
  • Pengobatan, penggunaan obat antihistamin H-1 adalah obat yang sering dipakai sebagai lini pertama pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat Kortikosteroid dipilih jika gejala utama sumbatan hidung akibat repon fase lambat tidak berhasil diatasi oleh obat lain
  • Tindakan Operasi (konkotomi) dilakukan jika tidak berhasil dengan cara diatas
  • Penggunaan Imunoterapi.

Kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah benar anda alergi debu dan untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Demikian infromasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar