Sukses

Takikardia

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 30 tahun.
dok kemarin sy punya keluhan lemas, sesak dan nyeri dada, maka langsung di EKG dengan hasil. RATE : 102, R-R : 588m s, QRS : 83m s, AXIS : 30, PR : 133ms, QT : 303ms, QTc : 396, ANALYSYS : TACHYCARDIA. kira-kira apa maksudnya? dan berapa persen keakuratan EKG pada kondisi jantung?. trims
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bagaimana dengan tekanan darah anda?apakah ada keluhan lain yang anda rasa?

Takikardia artinya bahwa detak jantung teratur, namun lebih cepat daripada detak jantung normal. Hal ini perlu ditelusuri, apakah pada saat pemeriksaan Anda sedang tegang, atau baru beraktivitas, dlsb yang dapat menyebabkan detak jantung menjadi lebih cepat. Hasil pemeriksaan EKG Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik untuk menentukan apakah berbahaya atau tidak. Seringkali, sinus takikardia saja tidak berbahaya.

EKG (Elektrokardiografi) merupakan pemeriksaan dasar untuk mengetahui kelainan pada jantung. Untuk kasus penyumbatan, EKG dapat mendeteksi bila ada iskemia otot jantung (kekurangan oksigen) ataupun infark otot jantung (kematian otot jantung) yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah. Dengan EKG treadmill, sensitivitas dan spesifisitas untuk mendeteksi kelainan sumbatan kira-kira 75-85%. Hal tersebut menandakan bahwa ada sebagian kelainan sumbatan yang bisa lolos atau tidak terdeteksi dengan EKG, sehingga diperlukan pemeriksaan lain.

 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar