Sukses

Nyeri Dada

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 33 tahun.
Dokter, Dada sebelah kanan saya terasa sakit seperti ditusuk, rasa sakit ini terasa terutama jika saya menggerakkan badan, berubah posisi, juga ketika diberi tekanan didada juga terasa sakit sekali. Sebelumnya saya sakit batuk 3 harian saya minum obat OBH, ternyata masuk hari ke 4 tenggorokan saya sakit sampai buat bicara tidak bisa , saya bawa ke dokter di puskesmas, dinyatakan saya terkena radang dan diberi 4 macam obat (saya agak lupa, ada obat batuk , antibiotik dan vitamin), hari 4-5 saya demam tinggi sampai tidak bisa turun dari tempat tidur, lalu sama saudara saya yg kerja di farmasi di suruh ganti obat katanya kalau untuk radang obat yg dari puskesmas kurang cocok, obat pun saya ganti 3 macam (antibiotik sama pereda nyeri, satunya lupa), dan hari ke 6 kondisi saya membaik, hari ke 7 sudah bisa beraktifitas. Namun batuk masih ada. Batuk saya ini hanya terjadi ketika terkena hawa dingin (AC) tempat kerja saya ber-ac, kalau dirumah batuk saya membaik. Pada hari ke 9 dada sebelah kana saya sakit sampai dengan sekarang menginjak hari 14. Kata saudara saya itu karena ototnya karena batuk yg gak sembuh2 sehingga terasa sakit. Sampai sekarang saya belum berobat ke rumah sakit, karena jarak yang yg cukup jauh dan waktu cuti yg diberikan tempat kerja terbatas. Mohon diberikan analisa, terimakasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara  yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Nyeri yang dada Anda bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Akan tetapi Untuk mengetahui penyebab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter




    0 Komentar

    Belum ada komentar