Sukses

Perdarahan Saat Hamil

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 30 tahun.
Aku seorang ibu yang udah mengalami keguguran bbrp kali. dan udah memiliki anak 4 org,saat ini tengah mengandung lagi usia kandungan 5 minggu. Aku mengalami flek seperti haid apakah beresiko lagi untuk kehamilan kali ini, Terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Adanya perdarahan pada kehamilan muda, terutama pada kehamilan trimester pertama (sampai usia 12 minggu) harus dipastikan apakah kehamilannya di dalam rahim atau di luar rahim (kehamilan ektopik). Jika kehamilan di dalam rahim, harus ditentukan apakah kehamilan berkembang sesuai usia hamil atau tidak dan apakah kehamilan berkembang normal atau tidak. Jika semuanya normal tetapi Ibu mengalami pendarahan dan mulut rahim masih menutup artinya Ibu mengalami proses keguguran yang mengancam (abortus imminens) yang bisa saja berakhir dengan keguguran sebagian hasil konsepsi (abortus inkompletus) atau seluruh hasil konsepsi sudah keluar (abortus kompletus). Tetapi abortus imminens juga masih bisa dipertahankan jika kehamilannya berkembang normal dengan cara istirahat baring total dan pemberian obat-obat penguat rahim dan untuk menghilangkan kontraksi rahim yang umumnya terjadi. Penyebab abortus ada banyak antara lain : kelainan kromosom, kelainan bentuk rahim, kekurangan hormon progesteron, infeksi, kelainan darah (kekentalan darah atau yang disebutkan " anti phospolipid syndrome"), masalah imunologik,dll.

Beberapa tips yang dapat Kami berikan untuk menjaga kesehatan kehamilan anda dan mencegah terjadinya keguguran yang berulang antara lain:

  • Dengan adanya riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya, sebaiknya anda lebih ketat dalam memantau kehamilan anda saat ini. Dengan pemeriksaan kehamilan yang teratur, kondisi anda dan janin anda dapat terus terpantau oleh dokter, sehingga adanya kelainan dalam kehamilan dapat dideteksi secara dini.

  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang

  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan

  • Istirahat teratur

  • Berhenti merokok (termasuk suami anda) dan minum alkohol  

  • Hindari mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi dari dokter.

Jika anda mengalami flek perdarahan lagi, mungkin anda terancam mengalami keguguran, segera periksakan diri anda ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan dan istirahat total selama beberapa hari. 50% kasus ancaman keguguran dapat diatasi dengan baik sehingga tidak berlanjut menjadi keguguran yang sebenarnya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar