Sukses

Penglihatan Berkurang

20 Oct 2014, 09:34 WIB
Wanita, 47 tahun.
Mata sebelah kanan sdh tdk bening/agak kabur (spt katarak) kadang ada keluhan pusing dan telinga kanan mendengung. Apa ini gejala katarak dan bagaimana pengobatannya. Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Definisi
Katarak adalah setiap keadaan kekeruhan pada lensa yang dapat terjadi akibat penambahan cairan di lensa, pemecahan protein lensa, atau kedua-duanya.

Katarak merupakan penyebab kebutaan utama yang dapat diobati di dunia pada saat ini. Sebagian besar katarak timbul pada usia tua sebagai akibat pajanan terus menerus terhadap pengaruh lingkungan dan pengaruh lainnya seperti merokok, radiasi ultraviolet, dan peningkatan kadar gula darah. Katarak ini disebut sebagai katarak senilis (katarak terkait usia). Sejumlah kecil berhubungan dengan penyakit mata (glaukoma, ablasi, retinitis pigmentosa, trauma, uveitis, miopia tinggi, pengobatan tetes mata steroid, tumor intraokular) atau penyakit sistemik spesifik (diabetes, galaktosemia, hipokalsemia, steroid atau klorpromazin sistemik, rubela kongenital, distrofi miotonik, dermatitis atopik, sindrom Down, katarak turunan, radiasi sinar X).

Pasien dengan katarak mengeluh penglihatan seperti berasap dan tajam penglihatan menurun. Secara umum, penurunan tajam penglihatan berhubungan langsung dengan kepadatan katarak.

Gbr 1 : Perbedaan Penglihatan benda
pada mata normal dan mata katarak

 

Gejala dan Tanda
Gejala utama yang dijumpai adalah penglihatan berkabut dan penglihatan yang semakin kabur. Pada gejala awal dapat terjadi penglihatan jauh kabur sedangkan penglihatan dekat sedikit membaik dibandingkan sebelumnya (second sight). Bila kualitas lensa memburuk atau terjadi kelelahan maka second sight ini akan menghilang. Gejala lain yang dijumpai pada katarak senilis adalah penigkatan rasa silau (glare). Pada lensa mata penderita katarak akan tampak bayangan putih. Selain itu dapat pula terjadi pandangan ganda, rabun senja dan terkadang membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk membaca.

                                                                                     Gbr 2 :Mata tanpa katarak                         Gbr 3 : Mata dengan katarak

 

Untuk mengetahui dengan tepat apa penyebab dari gangguan pada penglihatan anda sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata.

 

Sedangkan mengenai suara berdengung pada telinga

Kondisi yang Anda alami dapat disebabkan oleh beberapa hal. Sebelumnya akan kami jelaskan mengenai suara berdenging yang Anda alami.Persepsi suara dari telinga (bunyi berdenging atau berdengung) tanpa adanya rangsangan eksternal di dalam dunia medis disebut dengan tinitus.

Tinitus merupakan salah satu gejala dari beberapa penyebab gangguan telinga seperti infeksi pada telinga, benda asing di telinga, alergi, luka pada telinga akibat pajanan suara yang terlalu keras, serumen prop (kotoran telinga yang keras), efek samping obat (aspirin, tetrasiklin), dan beberapa penyakit telinga lainnya.

Gangguan pendengaran atau perasaan 'pengang' yang Anda alami saat ini dapat disebabkan oleh salah satu penyebab yang kami sebutkan di atas. Mungkin sebelumnya Anda dapat mengingat-ingat kejadian yang Anda alami dan dapat menyebabkan gangguan pada telinga Anda, seperti pajanan suara terlalu keras, mengorek-ngorek telinga dengan cotton bud, berenang, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain.

 

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis THT untuk evaluasi.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar