Sukses

Tekanan Darah

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 18 tahun.
Pasien adalah keponakan yang dulu tinggal dengan kami, dan 1.5 tahun terakhir tinggal bersama ayahnya yg menikah kembali. Kami khawatir dengan berat badannya yang rendah, dan perangainya yg sangat kurus. Tekanan darahnya juga sangat rendah. Apa yang perlu di test untuk menunjukkan apakah dia cukup gizi atau kurang gizi? Berikut data lain yg baru kami lakukan dari MCU : Nadi 80x/menit/ teratur ; pernapasan 20x/menit ; tekanan darah 100/60x mm Hg Terima kasih atas perhatian dan ditunggu tanggapan dokter. Salam,
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 

Mohon maaf sebelumnya ada beberapa hal yang ingin kami tanyakan mengenai data keponakan anda.keponakan anda laki-laki atau perempuan?berapa usianya?berapa berat badan dan tinggi badanya?apakah dia memiliki suatu penyakit tertentu?

Mengenai tekanan darah.tekanan darah normal adalah < 120/80 mmHg. Tekanan darah dikatakan rendah apabila berada < 90/60 mmHg dan menimbulkan gejala (pusing, berkunang-kunang, pingsan, penurunan kesadarn, dll).Jadi tekanan darah keponakan anda 100/60mmHg sebenarnya masih dalam batas normal.pertanyaan sekarang apakah dengan tekanan darah tersebut ada keluhan yang dirasakan keponakan anda?kapan waktu pengukuran tekanan darah tersebut dilakukan?

Tekanan darah bervariasi sepanjang hari, umumnya akan menurun ketika anda tidur dan meningkat ketika anda sedang bangun, senang, gugup, atau beraktivitas. Beberapa orang memang memiliki tekanan darah rendah selama hidupnya. Selama tidak ada gejala atau keluhan yang mengganggu (pusing, berkunang-kunang, pingsan) maka tidak ada masalah. Hipotensi dapat terjadi akibat dari tubuh anda yang tidak dapat mengembalikan tekanan darah ke normal atau tidak dapat melakukannya dengan cepat.

Pada orang sehat, tekanan darah rendah tanpa gejala bukanlah suatu masalah atau tidak memerlukan pengobatan. Apabila menimbulkan gejala barulah ditatalaksana dengan mencari penyebabnya.

data mengenai frekuensi nadi dan pernapasan yang anda sertakan masih dalam batas normal.

 

Untuk mengetahui status gizi seseorang dapat dengan melakukan antropometri.

 

demikian informai yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar