Sukses

Mandi malam Sebabkan Rematik?

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 32 tahun.
Salam. Dok, Benarkah mandi dimalam hari dapat menyebabkan Reumatik ? Kalau benar apakah yang disebut malam itu dari Jam 18.00 sampai Jam 06.00 ? Trima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mandi Malam bukanlah penyebab dari rematik.

Rematik adalah penyakit peradangan pada sendi dan otot yang dapat diderita oleh semua usia. Risiko seseorang terkena rematik akan bertambah seiring bertambahnya usia. Hal ini disebabkan semakin menipisnya lapisan pelindung sendi dan mengentalnya minyak pelumas di atas usia 45 tahun. Namun tidak menutup kemungkinan rematik juga menyerang anak muda, bahkan bayi.

Sebagian besar orang mungkin percaya mitos yang mengatakan bahwa mandi pada malam hari dapat menyebabkan rematik. Faktanya, sejauh ini belum ada bukti yang menguatkan bahwa mandi malam akan menyebabkan penyakit rematik. Pada prinsipnya mandi malam atau mandi air dingin tidak menyebabkan rematik.  Pada penderita rematik, mandi air dingin memang bisa membuat otot kaku atau spasme.  Kondisi tersebut biasanya membuat sendi tertekan sehingga memicu rasa sakit.

Rematik justru dapat disebabkan oleh konsumsi berlebihan makanan seperti jerohan, seafood, dan minuman beralkohol yang dapat memicu purin atau bahan yang akan diubah menjadi asam urat.

Jadi mandi di malam hari memang hanya sekedar mitos belaka. Tidak ada patokan mandi sore yang tepat itu jam berapa. Mandi jam berapapun sebenarnya tidak menjadi masalah,

Mandi dengan air dingin pada malam hari memang perlu memperhatikan beberapa hal, yaitu:

1. Kondisi tubuh (Apakah sedang fit/sehat atau sedang sakit)

2. Suhu udara pada saat itu (Apakah malam itu sangat dingin atau tidak)

3. Keadaan/suhu air (Sebaiknya jangan air yang terlalu dingin/suhunya terlalu ekstrim)

Jika kondisi tubuh tidak sedang sehat, suhu udara pada saat itu memang dingin, atau air untuk mandi sangat dingin, maka sebaiknya tidak mandi malam hari dengan air yang dingin.

Suhu air yang dapat diterima tubuh maksimal berbeda lima derajat celcius dengan suhu tubuh. Suhu tubuh normal itu 36 derajat celcius, sehingga suhu air yang dapat diterima antara 29-30 derajat celcius.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar