Sukses

Bisul Pada Anak

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 25 tahun.
Obat alami Bisul pada Bayi DOkter, putri kecil saya di bagian kepala belakang (*tengkuk leher*) terdapat bisul. Usia 4 bulan, mandi rutin 2x1. kemungkinan lembab karena tidurnya terlentang dan berkeringat. apakah efektif jika bisul tersebut diobati secara alami, misal : saya kompres air hangat, kemdian saya olesi minyak zaitun, terkadang saya kompress dengan parutan kentang??. (mengingat usia putri saya masih bayi) bagaimana caranya agar bisul bisa segera kempes, kering ?/ Sebetulnya antibiotik/ obat2an kimia untuk bayi itu punya efeksamping apa ya dok??
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. sebaiknya ibu tidak meneruskan tindakan mengobati bisul anak ibu dnegan mengoleskan dengan minyak zaitun dan parutan kentang.ditakutkan justru tindakan tersebut menyebabkan kurang terjaganya kebersihan daerah yang terdapat bisul.

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan ditata laksana secara optimal.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar