Sukses

Diabetes Melitus

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Wanita, 34 tahun.
jika memiliki gula darah ukuran 192 apakah sudah dianggap mengidap diabetes? dan untuk menurunkannya bagaimana ? tks
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/saudari yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Sebelumnya ada yang ingin kami tanyakan.nilai gula darah yang anda sertakan merupakan nilai gula darah sewaktu,puasa atau post prandial?karena nilai gula darah dapat berbeda-beda dalam kondisi tersebut dan memiliki arti klinis yang berbeda pula.

Diagnosis diabetes melitus hanya dapat ditegakkan setelah terbukti dengan pemeriksaan gula darah. Kadar gula darah yang jelas mengindikasikan diabetes adalah yang berada dalam kisaran > 200 mg/dl untuk kadar gula darah sewaktu (GDS) atau >=126 mg/dl untuk kadar gula darah puasa (GDP). 

dan juga perlu diperiksa Kadar gula darah saat 2 jam setelah minum larutan glukosa 75 gram (2 jam post prandial/2jamPP). Bila kadarnya >=200 mg/dl maka dapat dipastikan Anda menderita diabetes, kadar 140-199 mg/dl dikatakan Anda menderita gangguan toleransi glukosa, dan kadar < 140 mg/dl menandakan bahwa Anda tidak menderita kedua keadaan tersebut (normal).

Selain itu Kecurigaan adanya Diabetes Melitus (DM) dipikirkan apabila terdapat keluhan klasik DM yaitu 3P (poliuri, polidipsi, polifagi), dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan sebabnya. Poliuri adalah sering berkemih terutama waktu istirahat (malam hari) yaitu 3-5 kali sehari, polidipsi adalah rasa haus terus menerus, polifagi adalah makan yang berlebihan. Keluhan lain dapat berupa kesemutan, lemah badan, gatal pada kulit, mata kabur, gatal pada alat kelamin pada wanita.

 

Anjuran makanan khususnya para diabetesein  sama saja dengan non-diabetesein. Semua aneka makanan asal tidak berlebihan (seimbang) serta sesuai dengan kebutuhan gizi.
 
Makanan yang Diperlukan Mengandung:
  • Karbohidrat
  • Protein
  • Vitamin & Mineral
  • Lemak
  • Serat
 
KARBOHIDRAT
Karbohidrat merupakan sumber tenaga utama untuk kegiatan sehari-hari. Karbohidrat bisa di dapat dari:
  • Tepung-tepungan 

Makanlah selalu salah satu sumber tepung-tepungan setiap kali makan.

Contohnya: Nasi, roti, kentang, mie, ubi, singkong, dll. Kekurangan zat karbohidrat akan mengakibatkan badan lebih cepat merasa lelah karena kekurangan tenaga.

  • Gula 

Gula terdapat pada berbagai makanan. Menghindari atau membatasi gula akan membantu pengendalian gula darah. Gula dalam bumbu diperbolehkan. 

Contohnya : Gula pasir, gula merah, gula batu, sirup, madu, dan kue-kuean yang manis.

 

LEMAK

Lemak juga merupakan sumber tenaga. Lemak terdapat dalam minyak, margarin, santan, kulit ayam, kulit bebek dan lemak hewan lainnya. Lemak yang berlebihan dapat membuat tubuh menjadi gemuk.
 
Diabetes Melitus cenderung mendapat masalah dengan penyakit jantung, mengurangi makan lemak hewan dapat mengurangi resiko ini.
 
 
PROTEIN
Protein digunakan untuk pertumbuhan dan mengganti jaringan yang rusak. Protein banyak terdapat pada : ikan, ayam, daging, tahu, tempe dan kacang-kacangan.
 
 
VITAMIN & MINERAL
Vitamin dan mineral terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Zat ini berfungsi untuk membantu melancarkan kerja tubuh.  Namun jika pola makan yang ada sudah cukup bervariasi setiap harinya, maka suplemen vitamin tambahan tidak perlu dikonsumsi.
 
SERAT
Serat baik untuk kesehatan karena :
  • Membuat perut terasa lebih kenyang
  • Membantu menurunkan gula darah
  • Membantu menurunkan lemak darah
  • Melancarkan buang air besar.
Serat terdapat dalam:
1.    Roti gandum, buah dan sayuran segar
2.    Kacang-kacangan, tahu, tempe bekatul.
 
 
GARAM DAPUR
Garam dapur tetap dapat digunakan sebagai penyedap makanan dalam jumlah secukupnya. Garam dapur dalam jumlah berlebihan dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Kurangilah mengonsumsi makanan yang telah melewati proses pengasianan, seperti ikan asin, telur asin, dll. 
 
 
PEMANIS
Pemanis buatan banyak beredar di pasaran dapat dikonsumsi seperlunya. Pemanis ada yang mengandung kalori dan ada yang tidak. Perhatikan kandungan kalori yang terancum pada label kemasan. Bagi yang kegemukan, pilih yang tidak berkalori.
 
 
JUMLAH & JENIS MAKANAN SEHARI-HARI
Pedoman secara umum setiap hari yang dianjurkan;
Makan 3 kali sehari yang terdiri dari :
1.    Satu piring atau penggantinya
2.    Satu potong ikan atau penggantinya
3.    Satu mangkok sayuran
4.    Buah-buahan
 
Diantara waktu makan di atas dapat ditambah makanan selingan.
 
Dietesein dapat membantu memberikan informasi mengenai jumlah dan jenis makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan selera.
 
KEGEMUKAN
Pada tubuh yang mengalami kondisi kegemukan (obesitas) kadar glukosa dalam darah akan sulit dikendalikan.  Guna menghindari hal demikian, diperlukan tindakan penanggulangan, salah satunya diet. Dimana dalam proses ini diperlukan disiplin pengaturan pola makan yang seimbang dan mengurangi makanan tinggi kalori seperti : lemak, gula, tepung-tepungan.
 
Disamping itu, guna mendukung proses diet, diperlukan kegiatan jasmani lebih intens dan secara teratur sesuai dengan kesukaan, seperti halnya aktifitas jalan kaki, naik sepeda, senam, berenang, dll.
 
Untuk informasi lebih mendalam, silahkan klik akses tautan berikut ini: Rubrik Diabetes Klikdokter.com
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar