Sukses

Memilih KB

19 Oct 2014, 13:38 WIB
Wanita, 22 tahun.
saya ingin bertanya dok, saya baru mau menikah tapi saya ingin menunda kehamilan dulu kalo saya memekai suntik kb yg 1bulan. efeknya apa ya dok? dan kalo setelah pemakaian sebulan itu, bulan berikutnya apakah saya bisa langsung hamil atau tidak?
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/Saudara yang Terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

KB suntik merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan dengan memberikan suntikan hormon (hormon progestin atau kombinasi hormon estrogen dan progesteron) ke dalam tubuh. Pemberian hormon melalui KB suntik mampu mencegah kehamilan dengan cara :

  • menghambat terjadinya ovulasi (pelepasan sel telur oleh indung telur)

  • mempertebal lendir mukosa leher rahim

  • mengganggu pergerakan silia saluran tuba

  • menghalangi pertumbuhan lapisan endometrium (dinding rahim).

Selain mampu mencegah kehamilan, pemberian KB suntik ini juga akan menimbulkan beberapa efek samping terkait dengan kerja hormon yang disuntikkan, salah satunya adalah timbulnya ketidakteraturan siklus menstruasi, seperti menstruasi menjadi lebih sering dan lebih banyak (umumnya terjadi pada beberapa bulan pertama) atau tidak terjadi menstruasi (umumnya terjadi dalam 1 tahun pertama).

 

Sebelum memilih jenis kontrasepsi dari program KB (keluarga berencana), tentukan terlebih dahulu dari tujuan Anda menggunakan kontrasepsi dan waktu untuk mendapatkan kesuburan Anda kembali (dalam beberapa tahun). Pemilihan juga harus disesuaikan dengan usia pengguna. Metode kontrasepsi tersebut dapat digolongkan berdasarkan cara kerjanya yaitu dengan metode barrier (penghalang) sebagai contoh, kondom yang menghalangi sperma; metode mekanik seperti IUD; atau metode hormonal  seperti pil dan suntik KB. Selain tiu terdapat juga metode kontrasepsi alami yang tidak memakai alat-alat bantu maupun hormonal namun berdasarkan fisiologis seorang wanita dengan tujuan untuk mencegah fertilisasi (pembuahan), namun risiko terjadinya kehamilan akan lebih tinggi jika menggunakan metode kontrasepsi alami.

Sebelum memilih jenis metode kontrasepsi yang tepat untuk anda, anda harus mengetahui kelebihan, kekurangan, efek samping dan efektifitas dari masing-masing metode kontrasepsi tersebut. Untuk itu, Kami telah menyediakan sebuah artikel yang berjudul Keluarga Berencana (KB). Melalui artikel ini, anda dapat memperoleh segala informasi mengenai KB dan dapat membantu anda dalam menentukan metode kontrasepsi yang tepat bagi anda dan pasangan anda.

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar