Sukses

Gatal Pada Anus

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 19 tahun.
Sore dokter, sudah 2 tahun terakhir saya mengalami gatal-gatal di lubang anus. dan waktu saya lihat, seperti iritasi. kadang jika digaruk semakin gatal dan perih. saya pernah menggunakan salap untuk menghilangkan gatal, namun tidak juga hilang.gatal serta sedikit basah. sebelumnya saya juga sudah mengikuti resep dengan mnjaga kebersihan, sempat hilang namun balik lagi. dan sekarang rasanya gatal dan perih, sering terasa ada yang bergerak-gerak disekitar area yang gatal dianus saya tersebut. entahkah jamur atau cacing kremi atau apalah saya gak tau dok.tolong bantu ya dok,berikan resep dan nama obat yang detail untuk saya konsumsi demi kesembuhan. terimakasih dok
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.


Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gatal pada anus:
  1. cacingan
  2. candidiasis (semacam jamur) atau jamur yang menginfeksi kulit
  3. scabies, sejenis kutu yang infeksi kulit
  4. iritasi karena diare
  5. kondiloma akuminata (kutil)
  6. dan lain-lain (jarang)

Apakah ada kemerah-merahan selain di anus, seperti lipat paha? Apakah pakaian dalam Anda sering lembab? Bila ya mungkin penyebabnya adalah jamur atau candida (semacam jamur).

Saran dari kami adalah Anda berobat ke dokter umum terlebih dahulu, untuk diperiksa lesi kemerah-merahan yang Anda maksudkan. Anda dapat pula mencoba obat cacing yang dijual bebas, karena cukup sering juga gatal pada daerah anus disebabkan oleh cacing. Perlu juga mengganti pakaian dalam lebih sering bila lembab.

Keluhan-keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang  (misal: laboratorium, dsb). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar