Sukses

Pasca Operasi Cesar

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 28 tahun.
Maaf Dok sy mau tanya: beberapa waktu lalu istri saya habis operasi cesar, namun setelah lebih dari sebulan pada luka bekas operasinya timbul nanah dan ada darahnya sampai sekarang, sy sudah berkonsultasi dengan dokter operasinya dan katanya tidak apa-apa, luka tersebut terjadi diluar dan tidak membahayakan, dokter tersebut hanya memberi obat anti nyeri dan vit.c, pertanyaan saya : 1. Kenapa hal tersebut bisa terjadi?? 2. Apakah wajar sampai sekarang lukanya masih belum sembuh. 3. Apakah ada hubungan luka tersebut dengan pemakaian korset. 4. Kira2 bagaimana penyembuhannya karena sy ragu dengan dokter tersebut, yg terkesan pasif padahal sy sudah tanya sedemikian detail dan khawatir akan kondisi istri sy. Mohon penjelasannya. Saya ucapkan terima kasih atas jawabannya
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang terhormat

terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter


Perdarahan dan nanah yang terjadi setelah operasi , biasanya memang disebabkan oleh karena terjadinya infeksi bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kurangnya menjaga kebersihan luka operasi tersebut, daya tahan tubuh kita kurang baik mudah sekali terjadi infeksi, dan lain sebagainya.

Penyembuhan luka bekas operasi sekitar 3-6 bulan.

Pemakaian korset mungkin saja juga dapat mempengaruhi penyembuhan luka karena pada penggunaan korset menyebabkan aliran udara pada daerah luka berkurang atau daerah luka menjadi lembab sehingga memperlama penyembuhan luka.

Perawatan pasca operasi sesar, tidak ada yang khusus, sama dengan perawatan luka biasa. Hanya karena perut disayat agak besar, dianjurkan untuk tidak mengangkat barang berat, mengedan agar tekanan didalam perut tidak meningkat dan menyebabkan jahitan dapat terbuka. Jagalah daerah bekas operasi tetap kering dan bersih dengan mengganti perban sehari 2 kali. Tapi biasanya post sesar selama 5-7 hari tidak diperkenankan mengganti perban sendiri, nanti pada saat kontrol baru diganti oleh Dokter Kandungan.

 

Demikian jawaban yang dapat Kami sampaikan.

Salam,

Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar