Sukses

GERD

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 27 tahun.
sy sudah lama mengidap penyakit maag! ap lg sy sempat menjalani perawatan sedot asam lambung! yg ingin sy tanya kan 1. jenis makanan ap aj yg ga boleh d makan? 2. Apakah ad pengaruhny antara sakit asam lambung dgn sakit pernapasan? 3. ap aj yg wajib d konsumsi agar penyakit maag ny ga kambuh2 lg? 4. seberapa parah tingkat bahaya ny penyakit asam lambung ini? 5. baru kali ini saat maag sy kambuh, sy berat bernafas! kenapa y? 6. ap benar penyakit maag dapat menyebabkan kematian? Untuk sementara sekian pertanyaan dr sy, mohon jawaban ny! terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Sebelum kami jawab pertanyaan Anda satu persatu, perlu kami jelaskan dahulu, terdapat dua perbedaan antara sakit maag (dispepsia) dengan GERD (gastro esophageal reflux disease).
 
Maag / Dispepsia:
Dispepsia adalah nyeri atau gangguan tidak spesifik yang terjadi di daerah perut bagian tengah. Nyeri dapat hilang timbul, namun biasanya terus-menerus. Secara medis, sakit lambung didefinisikan sebagai kumpulan rasa sakit atau rasa tidak nyaman di ulu hati, saluran cerna bagian atas, dan organ sekitarnya. Gejala yang biasa timbul adalah mual, kembung, cepat kenyang, kurang nafsu makan, muntah, dan diare.
 
GERD (gastro esophageal reflux disease):
Merupakan penyakit saluran cerna bagian atas yang terjadi karena asam lambung dengan derajat keasaman yang tinggi naik ke kerongkongan.GERD merupakan kondisi adanya aliran balik dari isi lambung ke kerongkongan yang menyebabkan gejala yang mengganggu hingga terjadi komplikasi. Aliran balik asam lambung ke kerongkongan tidak hanya menjadi pemicu sindrom GERD (seperti naiknya aliran isi lambung ke kerongkongan atau regurgitasi ataupun nyeri dada seperti terbakar, heartburn) tetapi juga menyebabkan luka pada kerongkongan atau esofagitis. Alur balik isi lambung ini juga dilaporkan bisa menyebabkan atypical syndrome (seperti asthma reflux) yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan sulit diobati.
 
Dari keluhan yang Anda paparkan, banyak mengindikasikan GERD. Oleh karena itu, berikut kami jawab pertanyaan Anda satu persatu seputar GERD.
 
1. jenis makanan ap aj yg ga boleh d makan?
Solusi  GERD antara lain:
  • Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  • Jangan langsung tidur setelah makan malam
  • Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  • Hindari stres
  • Tidur cukup 8 jam/hari
  • Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit
  • Hindari Obesitas
  • Jangan mengkonsumsi Kopi
  • Hindari makanan pemicu gas dan asam lambung (kacang-kacangan, kol, dsb).
  • Hindari makanan pedas
2. Apakah ad pengaruhny antara sakit asam lambung dgn sakit pernapasan?
Dalam dunia kedokteran, kelainan dimana terjadi peningkatan asam lambung yang berlebih hingga menimbulkan aliran balik dari lambung ke kerongkongan dikenal sebagai Gastro Esophageal Refluks Disease (GERD). Pada penderita GERD, terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.
 
3. ap aj yg wajib d konsumsi agar penyakit maag ny ga kambuh2 lg?
cara-cara untuk mengatasi gejala GERD, antara lain:
  • Menaruh ganjalan setebal 15 - 22 cm pada kaki tempat tidur di bagian kepala, agar posisi tempat ditur miring ke bawah
  • Berikan rentang waktu 2 - 3 jam setelah makan sebelum berbaring / tiduran
  • Berhenti merokok
  • Menurunkan berat badan
  • Makan makanan rendah lemak, tinggi protein
  • Hindari penggunaan pakaian yang ketat
  • Makan yang teratur, jangan terlambat makan.
  •  
4. seberapa parah tingkat bahaya ny penyakit asam lambung ini?
Kami tidak dapat memeberikan penilaian yang tepat kadar tingkat keburukan kendala yang Anda alami. Perlu diingat bahwa ada korelasi antara GERD serta kejadian kanker esofagus. Oleh karena itu penanganan yang tepat penting dilakukan, dengan cara melakukan pemeriksaan dan pemantauan dengan dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD). 
 
5. baru kali ini saat maag sy kambuh, sy berat bernafas! kenapa y?
Sebagaimana telah dipaparkan pada jawaban sebelumnya, peningkatan asam lambung yang berlebih hingga menimbulkan aliran balik dari lambung ke kerongkongan dikenal sebagai Gastro Esophageal Refluks Disease (GERD), hingga menyebabkan terjadinya sesak napas dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung.
 
6. ap benar penyakit maag dapat menyebabkan kematian?
Meninjau GERD memiliki korelasi erat pada kanker esofagus dan kendala fatal lainnya, sesuatu hal yang kronik jika tidak ditangani dengan baik dan tepat, maka dapat meluas menjadi dampak yang fatal pula.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar