Sukses

Kejang Pada Anak

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 26 tahun.
Dok,Anak saya berumur 17 bulan dan beberapa waktu yang lalu pernah kejang.Waktu itu dia keluar dari rumah sakit karena demam tinggi hingga 39,5 tapi tidak kejang.seminggu setelah itu,dia kembali demam sampai 38 mulai pukul 11 pagi.sore hari langsung saya bawa kedokter dan diberi paracetamol serta antibiotik.malam harinya pukul 1.30 saat saya tertidur saya mendapati anak saya kejang.padahal suhu tubuhnya saat itu tidak setinggi pada saat dia opname.perlu diketahui kakak saya juga pernah menderita epilepsi pada saat masih duduk dibangku SD tapi sekarang sudah sembuh total dengan pengobatan rutin selama 6 tahun. Yang saya tanyakan, saya pernah membaca bahwa kejang demam pada anak dapat disebabkan karena kesalahan minum obat. apakah hal itu yang terjadi pada anak saya?mengingat demam yang pertama cukup tinggi tapi tidak sampai kejang.sedangkan yang kedua malah kejang setelah dia minum obat.kira-kira kejang yang dialami anak saya disebabkan karena apa?supaya saya bisa mengantisipasi kedepannya.Terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Ibu. Kejang pada anak bermacam penyebabnya, di antaranya adalah demam, epilepsi, trauma pada otak, pengobatan tertentu, kelainan metabolik, dsb. Bila kejang terjadi pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Yang perlu diketahui adalah ketika anak Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah anak Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang bila tidak demam? 

Bila kejang terjadi ketika demam, dan berdasarkan informasi yang Anda sampaikan bahwa anak Anda mengalami kejang berulang dalam 24 jam maka kemungkinan besar yang dialami anak Anda adalah kejang demam kompleks. Kejang demam kompleks merupakan salah satu faktor risiko terjadinya epilepsi. Bagaimana dengan riwayat keluarga Anda, adakah riwayat epilepsi dalam keluarga?

Untuk memastikan diagnosis epilepsi perlu dilakukan pemeriksaan EEG untuk menilai apakah terdapat fokus epilepsi pada anak Anda. Pemeriksaan EEG tersebut perlu dilakukan ketika anak Anda sedang tidak mengalami demam.

Untuk saat ini bila anak Anda mengalami kejang ketika demam maka Anda perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya kejang pada anak Anda. Kami sertakan artikel mengenai Kejang Demam dan Kejang Pada Anaksebagai informasi lengkap bagi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar