Sukses

Demam Panggung

18 Oct 2014, 14:26 WIB
Wanita, 23 tahun.
dokter, sya ini tipe orang yg takut bicara didepan orang rame. misalny tampil didepan kelas, presentasi, seminar atau semacamnya. tiap kali tampil, hampir selalu nafas saya jadi sesak, tenggorokan sya sesak dan mulut sya terasa kering, semua itu membuat sya jadi sulit ngomong, belum lagi detak jantung sya yg jadi makin kencang.gimana caranya y dok supaya semua keadaan itu tidak muncul tiap kali sya mesti tampil?sya jadi stres kalo kuliah, soalny tugas yg diberikan semua presentasi
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 
 
Kami sangat memahami masalah Anda. Gugup dan demam panggung adalah hal yang manusiawi sekali dan normal adanya. Delapan dari sepuluh manusia kebanyakan mengalami demam panggung ketika berbicara di depan orang banyak (massa). 
 
Ambil contoh Raja Inggris, George VI, pun selalu mengalami gagap ketika berbicara di podium kepada jutaan rakyatnya, (lihat film King's Speech).
 
Namun kami tidak memiliki solusi medis untuk masalah Anda. Apa yang dapat kami sarankan untuk perihal masalah Anda adalah perlunya mempelajari Ilmu Komunikasi, dengan fokus Public Speaking. Karena demam panggung adalah manusiawi, maka solusinya adalah cerdas untuk mengantisipasinya.
 
Sedikit tentang Public Speaking, porsi persiapan untuk berbicara di depan orang banyak adalah:
 
Menganalisis Kesempatan
Cermati kondisi Anda. Potensi dan kapasitas Anda harus memiliki kekuatan sehingga membuat para audiens untuk mau mendengarkan Anda. Posisikan mind-set Anda untuk memiliki keyakinan diri Anda mampu. 
 
Meninjau Profil Pendengar
Pelajari audiens. Ketahui latar belakang mereka, tujuan kehadiran, dan lainnya. Kalau perlu kenali satu persatu audiens lebih dalam lagi. Tujuannya adalah untuk memunculkan rasa nyaman pada diri Anda, bahwa para audiens bukanlah pemangsa yang siap mencabik harga diri dan mempermalukan diri Anda. Anggap mereka sebagai teman yang bersahabat. caranya? Jadikan mereka teman yang telah Anda kenal.
 
Mempelajari Lokasi
Kenali lebih dalam lokasi Anda akan berbicara. Jika perlu hadir 1 jam lebih awal di tempat Anda akan berbicara dengan audiens, dan berdiri tepat titik lokasi Anda akan presentasi. Amati sekeliling Anda dengan cermat. Suhunya, cahayanya, detil ruangan, hantaran suara, posisi para audiens akan duduk kelak menghadap Anda, dan lainnya. Tujuannya adalah memunculkan situasi nyaman dari diri Anda, agar Anda tidak merasa asing ditempat Anda berjuang.
 
Menetapkan Sasaran
Tujuannya adalah untuk mengetahui konteks dan penggunaan kata-kata dan makna. Sesuaikan konteks dengan audiens. Jika Anda berbicara di depan mahasiswa, maka sesuaikan konteks bahasa dengan latar belakang audiens.
 
Pengusaan Materi
Hindari penilaian diri introvert, justru arahkan pemikiran Anda hanya kepada kekuatan materi yang akan Anda presentasikan, untuk dapat memberikan kepuasan audiens.
 
Dari aspek medis, Anda harus menenangkan diri dan membangun mind-set yang konstruktif. Jangan destruktif. Menarik napas panjang dikenal lama dapat membuat efek relaksasi instan pada manusia.
 
Demikian informasi ini kami sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.(DA)
 
Semoga bermanfaat, 
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar