Sukses

Risiko Kanker Turunan

19 Oct 2014, 19:46 WIB
Wanita, 45 tahun.
Selamat Siang Dok. Dok, saya seorang ibu dari 5 orang anak, 3 anak perempuan dari suami saya, dimana ibu kandung mereka meninggal karena kanker payudara ( meninggal 4 bln pasca operasi) Menurut penuturan dari suami saya, kakak dan orang tua dari almarhumah istrinya juga meninggal karena kanker. Yang ingin saya tanyakan: 1. Seberapa besar potensi kanker ada pada anak2 suami saya tersebut? 2. Tindakan apa yang harus kami lakukan agar memperkecil resiko kanker? Terima kasih atas jawaban Dokter.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 
 
Kanker bukanlah penyakit turunan. Namun yang diturunkan adalah bagian genetik yang mengalami mutasi. Bukan sel kankernya. 
 
Genetik yang termutasi tidak menyebabkan kanker kecuali ada yang mempromotori. Misal kanker payudara dengan kanker ovarium sama-sama dipromotori oleh hormon estrogen yang terus menerus. Usaha antisipasinya dapat mengurangi hormon estrogen dengan cara berencana memiliki anak dan menyusui selama 2 tahun. Dengan begitu hormonnya akan stabil selama kurang lebih 2,5tahun.
 
Beberapa jenis kanker memang memiliki indikasi genetik seperti kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker leher rahim. Kanker atau tumor ganas disebabkan kerena mutasi dari sel yang pada akhirnya tumbuh berlebihan dan merusak jaringan sekitar atau bahkan dapat menyebar ke seluruh tubuh. Pada tumor ganas memang didapatkan beberapa faktor risiko untuk terjadinya tumor tersebut, jarang sekali yang hanya dikarenakan 1 faktor risiko.
 
Pada penuturan Anda, contohnya kanker payudara, sebabnya pun multifaktorial seperti genetik (keturunan), pemakaian kontrasepsi hormonal dalam jangka panjang, pola makan tidak sehat, dan banyak lagi. Umumnya kanker disebabkan oleh multifaktorial, gen keturunan adalah salah satu faktor risikonya. 
 
Untuk menambah pengetahuan Anda, silahkan Anda menuliskan kata kunci 'kanker' pada kolom Search Klikdokter.com, yang akan memberikan Anda daftar artikel-artikel yang memuat informasi seputar kaitannya dengan kanker.
 
Demikian informasi ini kami sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.(DA)
 
Semoga bermanfaat, 
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar