Sukses

Keasaman Vagina

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 28 tahun.
dokt, bagaimana caranya menambah keasaman vagina agar bakteri patogen mati?. apakah bener 1gelas air dicampurkan dengan cuka asam bisa mnambah keasaman vagina? daerah batang penis suami sy, sering gatel, dan ada bintik2 putih (tdk berair), apakah berbahaya? apakah minum air rebusan sirih itu bisa membunuh kuman? bahayakah HSG? mohon pnjelasannya dok. trims
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 
 
Kami akan coba menjawab pertanyaan Anda satu per satu.
 
Q: Bagaimana caranya menambah keasaman vagina agar bakteri patogen mati?
 
A: Vagina merupakan organ reproduksi wanita yang sangat rentan terhadap infeksi. Hal ini disebabkan batas antara uretra dengan anus sangat dekat, sehingga kuman penyakit seperti jamur, bakteri, parasit, maupun virus mudah masuk ke liang vagina. Untuk itu, wanita harus rajin merawat kebersihan wilayah pribadinya ini. 
 
Infeksi juga terjadi karena terganggunya kesimbangan ekosistem di vagina. Ekosistem vagina merupakan lingkaran kehidupan yang dipengaruhi oleh dua unsur utama, yaitu estrogen dan bakteri Lactobacillus atau bakteri baik. Di sini estrogen berperan dalam menentukan kadar zat gula sebagai simpanan energi dalam sel tubuh (glikogen). Glikogen merupakan nutrisi dari Lactobacillus, yang akan dimetabolisme untuk pertumbuhannya. 
 
Sisa metabolisme kemudian menghasilkan asam laktat, yang menentukan suasana asam di dalam vagina, dengan potential Hydrogen (pH) berkisar 3,8 - 4,2. Dengan tingkat keasaman ini, Lactobacillus akan subur dan bakteri patogen (jahat) akan mati.
 
Di dalam vagina terdapat berbagai macam bakteri, 95 persen Lactobacillus, 5 persen patogen. Dalam kondisi ekosistem vagina seimbang, bakteri patogen tidak akan mengganggu. Bila keseimbangan itu terganggu, misalnya tingkat keasaman menurun, pertahanan alamiah juga akan turun, dan rentan mengalami infeksi. Ketidakseimbangan ekosistem vagina disebabkan banyak faktor. Di antaranya kontrasepsi oral, penyakit diabetes mellitus, antibiotika, darah haid, cairan sperma, penyemprotan cairan ke dalam vagina (douching), dan gangguan hormon seperti saat pubertas, kehamilan, atau menopause.
 
 
Q: apakah bener 1gelas air dicampurkan dengan cuka asam bisa mnambah keasaman vagina?
 
A: Dalam sebuah penelitian epidemiologi yang diterbitkan oleh OXford Journals, 2002, ditemukan kaitan antara peningkatan keasaman vagina dengan tindakan vaginal douching dengan air hangat + cuka.
 
Namun kami belum menemukan literatur medis yang mendukung fenomena tersebut.
 
 
Q: daerah batang penis suami sy, sering gatel, dan ada bintik2 putih (tdk berair), apakah berbahaya?
 
A: Bintik putih pada penis dapat disebabkan karena banyak hal dan diperlukan pemeriksaan fisik langsung untuk dapat mengetahuinya. Bintik putih dapat disebabkan karena pearly penile papules, fordyce's spot, jerawat, atau penyakit menular seksual. Hal ini bergantung dari hasil pemeriksaan fisik. Jika Anda belum pernah melakukan hubungan seksual, maka Anda tidak perlu mengkhawatirkan mengenai penyakit menular seksual.
 
Sulit bagi kami untuk melakukan diagnosis tanpa melakukan pemeriksaan langsung karena kelainan kulit memang paling baik didiagnosis melalui pemeriksaan langsung. Perlu diketahui lokasi dari bercak-bercak tersebut, bentuknya, konsistensinya, luasnya, sejak kapan disadari,apakah menimbulkan rasa gatal, dll. Untuk itu, jika memang mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis yang mendetil, pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan.
 
 
Q: apakah minum air rebusan sirih itu bisa membunuh kuman?
 
A: Belum ada penelitian yang menyatakan bahwa rebusan daun sirih dapat bermanfaat bagi keputihan.
 
 
Q: Bahayakah HSG?
 
A: Pemeriksaan histerosalpingografi (HSG) merupakan salah satu pemeriksaan yang dilakukan untuk melihat struktur rahim dan saluran telur. Pemeriksaan ini dilakukan dengan menyemprotkan cairan yang mengandung zat kontras ke dalam rongga rahim melalui vagina, kemudian dilakukan foto roentgen untuk melihat apakah zat tersebut masuk hingga saluran telur atau tidak (ada sumbatan/tidak dan letaknya). Beberapa efek samping HSG yang mungkin terjadi adalah keram, perdarahan vagina, atau pusing dan pingsan. Untuk mengatasinya, dapat diberikan antibiotik sebelum prosedur dilakukan untuk mencegah infeksi dan Anda juga disarankan untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang akan mengurangi keram yang mungkin terjadi.
 
Bila nyeri yang Anda rasakan sangat mengganggu sebaiknya Anda konsultasikan dan periksakan kembali ke dokter.
 
Demikian informasi ini kami sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.(DA)
 
Semoga bermanfaat, 
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar