Sukses

Nyeri Setelah Minum Soda

19 Oct 2014, 23:50 WIB
Pria, 26 tahun.
Dear klikdokter.com Saya pria berumur 26 tahun, single. Pagi ini saya meminum soft drink coca cola, tak lama setelah itu dada saya terasa sesak dan seperti ada tekanan udara didalamnya, disertai juga dengan rasa sakit di dada sebelah kiri, punggung bagian kiri belakang dan lambung, saya juga seorang perokok. Apakah rasa sakit yang saya rasakan merupakan gejala penyakit jantung atau hanya masuk angin biasa. Mohon bantuan diagnosanya. Atas waktu dan perhatiannya saya haturkan terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Nyeri yang Anda alami bisa disebabkan oleh berbagai macam penyebab, bisa dari otot atau tulang, jantung, paru-paru, saluran pencernaan, atau bisa pula karena masalah psikologis.
 
Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.
 
Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.
 
Nyeri karena saluran pencernaan di daerah dada biasa berhubungan dengan organ lambung (maag) atau esofagus (kerongkongan). Bisa juga menimbulkan rasa asam atau pahit di mulut, dan nyeri ulu hati. Nyeri ini dapat berkurang dengan pemberian obat lambung atau maag. 
 
Keluhan ulu hati adalah gejala dispepsia yang paling sering  terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori.
 
Apakah Anda memiliki riwayat maag (dispepsia)?
 
Ada kemungkinan pencetus keluhan Anda adalah reaksi dari minuman berkarbonasi yang Anda konsumsi. Hingga menyebabkan volume gas meningkat di lambung. 
 
Namun demikian, gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 
 
Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.
 
Untuk mengetahui penyabab dari nyeri dada yang anda rasakan selain dari anamnesa juga diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang oleh karena itu kami sarankan anda memeriksakan diri ke dokter bila keluhan dirasa sangat mengganggu.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar