Sukses

Sperma Kental & Urat Membesar

19 Oct 2014, 16:17 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat sore dokter, saya memepunyai beberapa pertanyaan. 1. Kenapa sperma saya berbentuk seperti gumpalan-gumpalan mirip agar-agar. apakah penyebabnya? 2. Di testis bagian kanan dan kiri jika di raba seperti ada urat yang membesar, dan saya baru mengetahuinya. Mengapa itu dok? apakah normal atau sebuah penyakit? Tolong dok diberikan solusi dan obat dari masalah saya di atas. Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Kami akan coba pertanyaan Anda satu persatu.
 
1. Kenapa sperma saya berbentuk seperti gumpalan-gumpalan mirip agar-agar. apakah penyebabnya?
 
Secara normal pada saat ejakulasi, akan dikeluarkan cairan ejakulat yang berwarna putih karena memiliki banyak kandungan sperma yang kaya akan protein. Sperma ini dihasilkan oleh testis dan baru akan dikeluarkan bersama dengan air mani saat ejakulasi.
 
Cairan mani  (semen) yang normal umumnya berwarna putih atau keabu-abuan. Namun warna semen dan konsistensi dapat bervariasi tergantung usia, makanan dan frekuensi ejakulasi. Pada awal ejakulasi, semen terlihat tebal dan lengket, namun memang akan mencair 20-30 menit kemudian.
 
 
2. Di testis bagian kanan dan kiri jika di raba seperti ada urat yang membesar, dan saya baru mengetahuinya. Mengapa itu dok? 
 
Kondisi tersebut memerlukan pemeriksaan lebih lanjut dengan proses visual tatap langsung. Karena kondisi tersebut dapat mengenggarai banyak indikasi, antara lain varikokel. 
 
Varikokel umumnya lebih banyak terjadi pada bagian kanan. Hal ini diakibatkan oleh aliran vena testis kiri menuju vena renalis (ginjal) membutuhkan dorongan yang kuat guna mengatasi tekanan pada vena ginjal, sehingga darah cenderung kembali terdorong ke bawah.Tampilan yang umum terjadi pada testis bervarikokel adalah adanya urat yang menonjol di sekitar skrotum. Tidak semua varikokel dapat langsung terlihat. Hal tersebut tergantung dari ketebalan kantung skrotum serta besar kecilnya varikokel yang terbentuk. Urat yang menonjol akan terlihat jika penderita dalam keadaan berdiri dan akan hilang jika penderita berbaring.
 
Namun cegah asumsi yang ada, dan segeralah berkunjung kepada dokter untuk melakukan pemeriksaan lengkap dan menyeluruh agar mendapatkan diagnosa, anamnesis dan langkah antisipasi yang tepat dan benar.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar