Sukses

Batuk, Pilek & Diare Pada Anak

19 Oct 2014, 22:52 WIB
Wanita, 30 tahun.
Saya mempunyai bayi yg berusia 4bln, sudah 1minggu ini dia batuk, pilek dan feses berlendir seperti bumbu kacang. Saya sudah ke dokter tetapi blm sembuh juga. Apakah sakit yg berkepanjangan pada bayi tidak menimbulkan efek samping dan apakah feses yg berlendir berbahaya atau tidak? Tq
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease)  dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.
 
Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Apabila anak mengalami sesak nafas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, segeralah menghubungi dokter.
 
BAB yang disertai lendir harus diwaspadai karena infeksi. Kami sarankan Anda segera membawa anak Anda ke dokter spesialis anak.
 
Yang perlu diperhatikan pada anak diare adalah memperhatikan agar jangan sampai anak kurang cairan. Penting untuk diberikan oralit setiap kali anak diare. Perlu juga tetap mengkonsumsi makanan sehari-hari dalam jumlah yang cukup. 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar