Sukses

Benjolan Payudara

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 21 tahun.
ada benjolan di payudara sebelah kiri, sudah ada kira2 sejak akhir tahun kemarin.. kenyal sedikit keras, diraba bentuknya seperti kelereng, dapat digerakkan (tidak menempel di kulit, seperti menempel di daging), keadaan kulit atasnya normal seperti kulit yg lain, tidak nyeri, tidak bertambah besar, sepertinya tidak ada pembesaran kelenjar getah bening juga.. yg saya mau tanyakan, "Apakah ini berbahaya..?? seperti tumor atau kanker..??" didalam keluarga saya tidak ada riwayat dengan keganasan payudara.. thx, tolong penjelasannya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah setia menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Kami memahami kekhawatiran dan kegelisahan hati Anda. Semua benjolan dalam dunia kedokteran disebut dengan tumor. Tumor dibedakan lagi menjadi tumor jinak dan tumor ganas (kanker). Untuk membedakannya, Anda harus memeriksakan diri ke dokter segera, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik. Melalui pemeriksaan fisik, dokter dapat memperkirakan benjolan itu berbahaya atau tidak. Selain itu, mungkin diperlukan juga untuk biopsi benjolan untuk memastikan benjolan tersebut ganas atau tidak. Biopsi adalah mengambil sebagian atau seluruh benjolan lalu diperiksa di bawah mikroskop untuk membedakan tumor ganas atau jinak.Untuk mendiagnosis benjolan diperlukan pemeriksaan fisik yang mendetil untuk mengetahui penyebab dasarnya.
 
Pada wanita  di bawah usia 30 tahun, tumor tersebut kemungkinan besar merupakan tumor jinak yang disebut fibroadenoma mammae (FAM). FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat.
 
Di bawah usia 25 tahun, FAM lebih sering terjadi dibandingkan kista payudara. Selain FAM, penyakit fibrokistik atau dikenal juga sebagai mammary displasia adalah benjolan payudara yang sering dialami oleh sebagian besar wanita. Pada usia muda jarang sekali didapatkan tumor ganas pada payudara kecuali Saudari memiliki riwayat keluarga dengan keganasan pada payudara, Anda perlu lebih waspada terhadap  benjolan di payudara.
 
Kami sarankan Anda untuk memastikannya dengan melakukan mammografi atau pun dengan mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam Subspesialis Hematologi-Onkologi (Sp.PD., KHOM) untuk wawancara medis dan pemeriksaan fisik mendetil serta pemeriksaan penunjang yang diperlukan untuk memastikan diagnosis. Dengan demikian Anda dapat memperoleh penanganan yang optimal.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter
 

    0 Komentar

    Belum ada komentar