Sukses

Mengatasi Jerawat

20 Oct 2014, 06:36 WIB
Pria, 23 tahun.
Selamat Pagi, bagaimana cara penanganan jerawat batu agar tidak berbekas? Tolong Infonya.Mks
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami perasaan Anda mengenai sulitnya menangani jerawat. Permasalahan jerawat memang sering ditemukan pada kulit yang berminyak. Jerawat pada kulit umumnya disebabkan oleh penumpukan lemak dilapisan tengah kulit. Pengaruh iklim, kosmetik, faktor keturunan, peningkatan jumlah hormon (pada masa menjelang menstruasi), debu, dan makanan berlemak (junk food), seringkali menyebabkan terjadinya penyumbatan pada pori-pori kulit yang akan menimbul jerawat pada kulit.

Mengenai obat yang disarankan, sebaiknya diberikan setelah melalui pemeriksaan wajah secara langsung terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Setiap kasus jerawat memiliki keunikan tersendiri, hal ini dikarenakan jerawat memiliki berbagai tipe jerawat dengan penanganannya yang berbeda-beda. 

Tindakan terpenting yang dapat Anda selama belum melakukan pemeriksaan ke dokter adalah membersihkan kulit wajah dengan sabun yang pH-nya normal (pH 6-7) 3x/hari dan hindari terlalu sering memegang wajah. Untuk mencegah timbulnya jerawat, kuncinya adalah hidup bersih dan makan dengan pola makanan bergizi. Sisanya cukup hindari penggunaan kosmetik yang berganti-ganti merk, gunakan produk kecantikan yang non-comedogenic (tidak mencetuskan komedo) dan untuk kulit berminyak. 

Segeralah berkonsultasi dan berobat ke dokter jika terdapat kasus jerawat yang meradang, agar semakin cepat diberikan penanganan dan pengobatan secara medis. Jangan menggunakan obat jerawat sembarangan tanpa petunjuk dokter

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar