Sukses

Ingin Hamil Lagi

16 Oct 2014, 13:36 WIB
Pria, 33 tahun.
Klik Dokter yang terhormat, istri saya umur 33th berat badan 90kg tinggi 165, punya riwayat hipertensi dan saya sekarang punya anak 9th, istri dan saya berencana untuk mempunyai anak lagi dok. Dengan beratbadan 90kg istri saya tersebut dan adanya riwayat hipertensi apakah boleh dok untuk punya anak kembali. Terimakasih sebelum nya pertanyan-pertanyaan saya yang sudah di jawab dengan singkat dan jelas.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Bapak/saudara  yang terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Berdasarkan perhitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), ibu saat ini berada dalam kondisi Very obese.

Penelitian yang diterbitkan bulan Deseber 2007 di dalam Jurnal Human Reproduction, mendapatkan data bahwa wanita dengan IMT 35 memiliki kemungkinan 26% lebih kecil untuk hamil secara spontan dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal. Wanita dengan IMT 40 ditemukan memiliki 43% kemungkinan lebih kecil untuk hamil spontan.

Berdasarkan salah satu penelitian yang saya sebutkan di atas memang terlihat adanya kaitan antara obesitas dengan gangguan kesuburan. Bagaimana mekanisme obesitas menyebabkan gangguan kesuburan masih belum dapat diterangkan secara jelas. Beberapa teori mengatakan bahwa hormon leptin, yaitu hormon yang mengatur pola makan dan pengolahan energi (meningkat pada orang obesitas) dapat mencegah proses fertilisasi (pembuahan sel telur oleh sel sperma).

Sel lemak sendiri dapat mengubah adrenal androstenedione (hormon dari kelenjar adrenal) menjadi estrogen yang disebut dengan estron. Apabila anda overweight, ketika indung telur anda mencoba melakukan siklus normal, asupan estron dari ubahan sel lemak tersebut akan mengganggu. Akibatnya fungsi indung telur terganggu dan anda tidak berovulasi.

Selain itu, obesitas juga merupakan salah satu faktor risiko terjadinya sindroma polikistik ovari yang menyebabkan gangguan siklus menstruasi dan anovulatoar ovulation (siklus menstruasi tanpa pengeluaran sel telur).

Obesitas sendiri memang dapat menyebabkan beberapa masalah di dalam kehamilan, seperti meningkatkan persentase melahirkan dengan operasi caesar, diabetes dalam kehamilan, DVT (deep vein thrombosis), dan banyak lagi.

Yang sebaiknya anda lakukan apabila ingin hamil dan melahirkan dalam kondisi sehat saat ini adalah menurunkan berat badan secara bertahap. Hal ini baik untuk kesehatan dan juga untuk kesuburan anda. Menurunkan berat badan pun tidak boleh dilakukan secara terburu-buru karena apabila terlalu cepat penurunan berat badannya dapat menyebabkan peningkatan risiko kehamilan. Turunkanlah berat badan perlahan-lahan dalam waktu 6 bulan sebelum perencanaan kehamilan.

 

demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar