Sukses

Penurunan BB Drastis

20 Oct 2014, 00:37 WIB
Wanita, 27 tahun.
siang dok... saya mau tanya nih dok. saya curiga saudara saya lagi sakit. dia itu keadaannya sangat lemah sekali dok, mudah lelah juga, nah yang saya khawatirkan, berat badan dia turun drastis dok , yang tadinya bs dibilang gemuk, hampir 70 kg dengan tinggi badan 170 cm, sekarang beratnya hanya 49 kg, dalam waktu 4 bln turunnya sangat signifikan. kira2 dia sakit apa ya dok, sekarang badannya hanya tulang aja dok, bahkan setiap harinya selalu turun berat badannya. itu kenapa ya dok? yang saya takutkan penyakitnya sangat serius, tapi dia tidak mau terbuka sama saya. mohon penjelasannya dok...
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda dan telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 
Karena kendala informasi seputar yang bersangkutan terbatas, kami mengalami kesulitan dalam mendiagnosa keluhan yang Anda paparkan, sehingga kesulitan lebih lanjut dalam memberikan saran medis yang tepat. 
 
Penurunan berat badan yang drastis jika diiringi beberapa indikasi lainnya dapat menunjukkan sebuah kondisi penyakit. Salah satunya jika kondisi penurunan berat badan yang drastis diikuti dengan gejala batuk-batuk, untuk hal ini terdapat kemungkinan adalah tuberkulosis (TBC), dan banyak lagi contoh serupa lainnya. 
 
Namun jika tidak ada indikasi lainnya, ada kemungkinan yang bersangkutan tengah melakukan program diet. Namun demikian tetap saja program diet dengan penurunan berat badan yang drastis sangat tidak disarankan. Karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. 
 
Kuncinya adalah komunikasi. Jika kekhawatiran Anda memuncak, Anda dapat membuka usaha komunikasi yang baik dan sehat dengan yang bersangkutan, dan lebih lanjut mungkin Anda dapat membantu kesulitan yang bersangkutan (jika ada) dengan mengadakan kunjungan ke dokter umum atau dokter spesialis penyakit dalam (Sp.PD) jika dirasa diperlukan. 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar