Sukses

Imunisasi Dasar Terlambat

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Pria, 4 tahun.
usia anak saya 3tn 9bln, dan ketika dia bayi banyak imunisasi yg belum dia dapat, dan hanya 2 imunisasi yg sudah dia dapat ketika baru lahir. yg ingin saya tanyakan 1, apakah di usia hampir 4 thn ini masih boleh di berikan imunisasi untuk melengkapi seluruh imunisasi wajib yg harus di dapat anak saya 2. masih ada kah manfaatnya jika di berikan semua imunisasi yg belum dia dapat tersebut? 3Resiko apa yg akan di alami jika anak saya tidak mendapatkan semua imunisasi tersebut mohon info dan jawabanya dokter, terimakasih saya ucapkan. salam bachtiar
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 
Imunisasi dasar yang wajib diberikan adalah Polio, BCG, DPT, Hepatitis B, dan Campak. Imunisasi tersebut tetap perlu diberikan. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Karena usia sudah di atas 3 tahun, imunisasi campak diganti saja dengan MMR (measles/campak, mumps/gondongan, dan rubella/campak jerman). 
 
Sebelum imunisasi BCG, dilakukan tes mantoux terlebih dahulu, bila negatif diberikan imunisasi; bila positif diberikan terapi. Imunisasi lain seperti Polio, DPT, dan Hepatitis B  dapat diberikan meskipun terlambat, dengan interval pemberian yang sama dengan yang seharusnya, atau dapat dipercepat interval pemberiannya pada Polio dan DPT. 
 
Kami menyarankan agar Anda dapat membawanya ke dokter spesialis anak untuk mendapat penjelasan lebih lanjut mengenai hal ini.
 
Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar