Sukses

Diet Berat Badan Ideal

20 Oct 2014, 04:27 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat siang klikdokter yg selalu memberi saya saran kesehatan, kali ini saya ingin bertanya terkait diet dok. Saya telah melakukan program diet kurang lebih selama 15 hari. Program saya diantaranya mengatur frekuensi makan(3x), kemudian jogging di siang hari, dan fitness. Kemudian akhir2 ini saya minum Ultra Ripped untuk mempercepat pembakaran lemak, dan L-Men Lose Weight untuk kebutuhan whey protein saya. Yang saya ingin tanyakan, apakah diet saya itu sudah sehat? Lalu kalau saya membaca di beberapa situs kalau memakai obat "diet" seperti itu malah berbahaya, apakah untuk suplemen yang saya konsumsi itu berbahaya? Lalu yang terakhir, kenapa ya dok, setelah saya jogging sing2 itu, beberapa saat kemudian, ketika beranjak dari duduk saya mendapati mata saya berkunang-kunang, ada apa ya dengan saya? Terimakasih banyak atas jawabannya nanti, sukses selalu.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

 
Pada prinsipnya yang dapat menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi pemasukan kalori (makanan dan minuman) dan meningkatkan pengeluaran kalori (olahraga / meningkatkan aktivitas) dan komitmen yang tinggi untuk melaksanakannya. 
 
Hilangkan keinginan untuk menurunkan berat badan dalam waktu singkat, karena penurunan berat badan yang terlalu cepat dapat berpotensi mendatangkan penyakit. Penurunan berat badan yang wajar adalah sekitar 0,5 kg/minggu atau 2-2,5 kg/bulan. Apabila Anda susah melakukan diet sendiri, Anda dapat minta bantuan Dokter Spesialis Gizi. Selain diberikan diet yang tepat, dapat juga diberikan obat untuk membantu menurunkan berat badan.
 
Berikut judul artikel yang dapat Anda baca untuk menambah informasi mengenai berat badan ideal, cara menurunkan berat badan dan jenis makanan sehat yang dapat Anda coba masukkan dalam menu sehari-hari:
 
Mengenai kunang-kunang setelah jogging, apakah Anda melakukan sesi pendinginan setelah jogging? Jika tidak, besar kemungkinan kunang-kunang tersebut dikarenakan oleh luputnya Anda untuk melakukan sesi pendinginan setelah jogging. 
 
Pendinginan adalah tahapan terakhir dari olahraga atau aktivitas fisik yang anda lakukan. Latihan ini akan mebuat tubuh secara perlahan menurunkan metabolisme akibat latihan utama yang dilakukan. Detak jantung dan tekanan darah anda akan perlahan kembali ke normal. Pendinginan bukan berarti anda duduk atau berbaring. Justru sebaiknya anda tidak duduk atau berbaring setelah berolahraga karena hal ini akan menyebabkan anda merasa pusing dan berdebar-debar. Pendinginan yang terbaik adalah secara perlahan menurunkan aktivitas fisik sampai detak jantung mendekati normal kembali.
 
Untuk olahraga, sebaiknya kami sarankan Anda untuk mengganti waktu berolahraga Anda. Waktu paling ideal untuk berolahraga adalah di pagi hari atau sore hingga pukul 18:00. Kami tambahkan informasi lebih lanjut:
 
Beberapa tips berolahraga :
  • Secara perlahan tingkatkan level latihan anda, terutama bila anda tidak terbiasa berolahraga
  • Tunggulah minimal 1,5 jam setelah makan sebelum anda berolahraga
  • Ingatlah untuk selalu melakukan pemanasan selama 5-10 menit, latihan utama selama 20-30 menit, dan diikuti pendinginan selama 5-10 menit
  • Berlatihlah dengan kecepatan yang sama. Jagalah kecepatan dimana anda masih dapat berbicara saat latihan
  • Pilihlah aktivitas fisik yang anda nikmati agar anda tidak cepat bosan
 
Yang perlu diperhatikan saat berolahraga :
  • Hentikan latihan apabila anda merasa kelelahan atau sesak napas. Lakukan pengurangan aktivitas fisik secara perlahan. Istirahatlah dengan mengangkat kaki anda lebih tiggi
  • Jangan berolahraga apabila anda sedang tidak enak badan atau mengalami demam
  • Hentikan latihan apabila anda mengalami detak jantung tidak beraturan atau berdebar-debar. Periksa frekuensi nadi anda setiap 15 menit. Apabila masih tetap diatas 120-150x/menit, segeralah berkonsultasi dengan dokter
 
Hentikan olahraga apabila anda mengalami gejala :
  • Nyeri dada
  • Lemas
  • Pusing atau berkunang-kunang
  • Pembengkakan di tubuh atau di kaku
  • Merasakan tekanan di dada, leher, lengan, dan rahang serta rasa tercekik di leher.
Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar