Sukses

Batuk Tidak Reda

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Pria, 20 tahun.
Saya mau tanya dok tentang penyakit yang saya alami, saya akhir-akhir ini mengalami batuk berdahak dok, maklum mungkin karena faktor cuaca yang tak menentu.. cerita awalnya begini, sebelum batuk saya mengalami sakit tenggorokan terasa ada banyak lendir(dahak)dalam tenggorokan saya, sehingga ketika bangun tidur terasa penunh tenggorokan, setelah itu saya beli obat di Apotek pengencer dahak Sil*dek.. setelah meminum obat tadi, maka dahak perlahan keluar disertai timbulnya gejala batuk yang kalau sedang batuk sangat parah batuknya dok.apalagi di waktu malam hari ketika menghirup udara dingin dan ditambah sakit tenggorokan yang sangat menyiksa ketika menelan air liur.. saya periksakan ke dokter umum, tekanan darah normal 120/80 dan diberi resep obat. sekarang sudah mendingan sakit tenggorokannya, dahak pun sudah jauh berkurang dari 2-3hari sebelumnya karena sudah banyak keluar sewaktu batuk. tapi yang saya tanyakan dok kenapa batuk saya belum sembuh ketika dahak sudah tidak sebanyak dulu lagi dan timbul lagi penyakit flu ketika menhirup udara terasa seperti penuh debu di hidung dan terasa seperti habis lemas di air begitu.. wajar kah itu, atau memang karena proses penyembuhan? mohon pencerahannyanya, dan terimakasih atas jawabanya..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

 
Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai batuk yang tidak kunjung sembuh. Batuk yang  Anda alami dapat berkepanjangan dapat juga disebabkan karena faktor psikologis ataupun lingkungan. Saat ini, Anda perlu memperhatikan faktor apa saja yang membuat  Anda menjadi sering batuk, apakah ada faktor di sekitar lingkungan yang membuat Anda menjadi batuk terus-menerus, misal: debu, bulu binatang peliharaan, udara yang terlalu dingin dan lembab, bulu dari pakaian, merokok, dsb.
 
Terdapat kemungkinan bahwa benda-benda tertentu dapat menyebabkan batuk pada diri Anda, dan yang perlu Anda lakukan adalah dengan melakukan penghindaran terhadap benda-benda tersebut. 
 
Seringkali batuk tersebut diakibatkan karena alergi terhadap hal-hal tertentu. Dan untuk mengatasinya, Anda perlu menghindari setiap kondisi yang menyebabkan batuk. 
 
Untuk meringankan kondisi batuk yang kerap kali mengganggu, Anda dapat melakukan hal berikut ini:
  • Menyingkirkan pencetus alergi (polusi, debu, asap rokok, dll.)
  • Membersihkan debu
  • Melindungi saluran pernapasan (dengan masker, dll.)
  • Banyak meminum air putih
  • Berhenti merokok
Namun jika kondisi batuk tetap berlangsung dan disertai kondisi:
  • Demam
  • Nafsu makan berkurang
  • Lemas
  • Batuk di malam hari & nyeri dada ketika batuk
  • Batuk berdarah
Maka kami sarankan Anda untuk melakukan kunjungan sekali lagi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut dan lebih lengkap. 
 
Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat (DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar