Sukses

Anak Mengeces

18 Oct 2014, 12:54 WIB
Wanita, 28 tahun.
Dok, putra saya 17 bulan BB 10.5 kg TB 82 cm. Akhir2 ini setiap tidur, seringkali tersedak air liurnya, kadang2 sampai muntah. Apakah hal ini masih wajar? Giginya baru ada 6, mau tumbuh lagi 1. Mohon sarannya. Terima kasih.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sering keluar air liur pada anak dapat saja terjadi pada anak normal maupun pada anak dengan gangguan atau penyakit tertentu. Untuk mengetahui apakah ada penyakit tertentu, maka diperlukan pemeriksaan yang menyeluruh pada Anak anda. Mengeluarkan air liur lewat mulut akan berkurang seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan anak. Pada anak, mengeluarkan air liur sering disebut "mengeces".

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Apakah anak Anda "mengeces" setiap saat (saat bermain, saat makan, dll)? Kapan saja anak "mengeces"? Mencapai usia 2 tahun, biasanya anak sudah tidak "mengeces" lagi karena kendali tubuh untuk menelan sudah dapat mengimbangi produksi air liurnya. Jika memang anak masih "mengeces" memang dapat mengganggu perkembangan bicaranya karena anak menjadi kesulitan untuk belajar bicara. Biasanya anak mulai "mengeces" pada usia 6 bulan karena proses petumbuhan gigi. Produksi air liur dan kemampuan menelan bayi yang belum sempurna juga dapat menyebabkan anak masih "mengeces" hingga usia 12-15 bulan. Pada usia 15-18 bulan, anak mulai berkurang :mengeces" karena proses perkembangan yang sudah semakin baik.

"Mengeces" yang tidak normal dapat terjadi jika anak mengalami gangguan lain pada rongga mulut dan sekitarnya, misalkan: tonsilitis (amandel yang membesar) atau infeksi di sekitar rongga mulut. Usia anak Anda saat ini memang masih dalam usia untuk mengeluarkan air liur sehingga belum ada yang perlu dikhawatirkan. Bila memang termasuk dalam "mengeces" yang tidak normal maka dapat segera diatasi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter



    0 Komentar

    Belum ada komentar