Sukses

Benda Asing di Telinga & Berdengung

16 Oct 2014, 13:39 WIB
Wanita, 29 tahun.
selamat sore dokter,.. saya ingin menayakan mengapa telinga saya samacam ada benda yg tertinggal di dlm ya,.. trus kayak gatal dan mendenggung gitu dok,.. trimah kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 
Kami sangat memahami perasaan kesulitan pada kondisi yang Anda derita dan alami. 
 
Telinga berdenging atau tinitus dalam istilah medis, adalah salah satu bentuk gangguan pendengaran berupa sensasi suara tanpa adanya rangsangan dari luar.
 
Tinitus merupakan salah satu gejala dari beberapa penyebab gangguan telinga seperti infeksi pada telinga, benda asing di telinga, alergi, luka pada telinga akibat pajanan suara yang terlalu keras, serumen prop (kotoran telinga yang keras), efek samping obat (aspirin, tetrasiklin), dan beberapa penyakit telinga lainnya.
 
Penyebab tinitus sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti, sebagian besar kasus tidak diketahui penyebabnya. Namun, seringkali terdapat beberapa keadaan yang dapat memberikan gejala tinitus seperti infeksi pada telinga, kotoran/benda asing di dalam telinga, trauma di dalam telinga akibat suara keras, gangguan pendengaran dan efek samping dari obat-obatan. Berdasarkan keluhan yang Anda utarakan, sepertinya kebiasaan yang Anda lakukan; yaitu kurang rajin membersihkan kotoran telinga ataupun terbiasa mendengarkan musik dari handphone mungkin dapat menjadi pencetus terjadinya tinitus. 
 
Tinitus dibagi menjadi dua, yaitu:
  1. Tinitus objektif, bila suara tersebut dapat didengar juga oleh pemeriksa.  Umumnya disebabkan karena kelainan pembuluh darah, sehingga tinitusnya  berdenyut mengikuti denyut jantung.
  2. Tinitus subjektif, bila suara tersebut hanya didengar oleh pasien sendiri, jenis ini sering terjadi.
Perlu diketahui penyebab tinitus agar dapat diobati sesuai penyebabnya. Jika penyebabnya diketahui, biasanya tinitus dapat dihilangkan, Namun jika tidak diketahui pasti penatalaksanaannya lebih sulit dilakukan.
 
Gangguan pendengaran atau perasaan 'pengang' yang Anda alami saat ini dapat disebabkan oleh salah satu penyebab yang kami sebutkan di atas. Mungkin sebelumnya Anda dapat mengingat-ingat kejadian yang Anda alami dan dapat menyebabkan gangguan pada telinga Anda, seperti pajanan suara terlalu keras, mengorek-ngorek telinga dengan cotton bud, berenang, sinusitis, infeksi saluran pernapasan, dan lain-lain.
 
Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis THT terdekat untuk memastikan penyebab tinitus Anda.
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.(DA)
 
Salam,
 
Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar